China: Indonesia harus jaga stabilitas Asia Timur

Rabu, 29 Februari 2012 - 11:45 WIB
China: Indonesia harus jaga stabilitas Asia Timur
China: Indonesia harus jaga stabilitas Asia Timur
A A A
Sindonews.com - China berharap Indonesia bekerja sama dengannya untuk menjaga stabilitas perdamaian dan kemakmuran di Asia Timur.

Pernyataan ini disampaikan Perdana Menteri China Wen Jiabao saat menerima kunjungan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Djoko Suyanto di Beijing, seperti dilansir dari Xinhua, Rabu (29/2/2012).

Wen mengatakan, China dan Indonesia telah mencapai sejumlah kesepakatan penting. Kesepakatan ini nantinya akan menjadi dasar yang kuat untuk mengembangkan berbagai kerja sama bilateral.

Sebelum mengadakan rapat dengan Wen, Suyanto juga telah mengadakan pertemuan dengan Penasihat Kenegaraan China, Dai Bingguo.

Departemen Luar Negeri China mengatakan pertemuan bilateral tersebut digelar dalam rangka bertukar pandangan tentang hubungan bilateral dan internasional dan juga membahas berbagai isu yang berkembang di tingkat regional.

Wen mengatakan China dan Indonesia harus memperkuat komunikasi, koordinasi, dan memperluas berbagai bidang kerja sama bilateral, dan terus meningkatkan upaya menciptakan stabilitas di Asia Timur di tengah kondisi perekonomian dunia tengah mengalami masa-masa sulit.

Suyanto mengatakan, Indonesia siap untuk menjalin hubungan kerja sama dan berbagai kemitraan strategis dengan China. Peningkatan hubungan ini diharapkan akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia dan China.

Indonesia siap bekerja sama dengan China untuk berkontribusi menciptakan perdamian di Asia Timur dalam rangka menciptakan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di Asia Timur.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6055 seconds (0.1#10.140)