Filipina tangkap pemenggal kepala Marinir

Selasa, 21 Februari 2012 - 11:37 WIB
Filipina tangkap pemenggal kepala Marinir
Filipina tangkap pemenggal kepala Marinir
A A A
Sindonews.com - Seorang pria diduga anggota kelompok teroris Abu Sayyaf ditangkap Kepolisian Filipina. Pria bernama Abdul Pattah Ismael alias Patah Hamjak ini diduga bertanggung jawab atas pemenggalan kepala tentara Marinir Filipina dan terlibat dalam sejumlah aksi peledakan.

Kepala Dewan Antiterorisme Filipina Jendral Paquito Ochoa mengungkapkan, pria itu diduga berasal dari kelompok militan Abu Sayyaf. Kelompok ini terlibat dalam berbagai aksi kejam
di antaranya serangan bom dan melakukan pemenggalan kepala seorang Tentara Angkatan Laut.
Ismael sendiri ditangkap Selasa dini hari tadi 21 Februari 2012 di tempat persembunyian di Kota Isabela, sebelah Selatan Pulau Basilan, Filipina.

"Dalam penangkapan itu, pihak kepolisian berbekal sejumlah barang bukti dan fakta-fakta yang ditemukan," kata Ochoa seperti dikutip The Bellingham Herald, Selasa (21/2/2012).

Menurut Ochoa, Ismael terbukti terlibat dalam kasus pemengalan kepala salah seorang dari anggota Marinir Filipina tahun 2007.

Pemenggalan dilakukan saat sejumlah tentara Angkatan Laut ditangkap oleh kelompok militan Abu Sayyaf itu. Selain itu, pada tahun 2009 kelompok militan tersebut juga melakukan penyerangan di Kota Al-Barka, mengakibatkan 31 pemberontak melarikan diri dari penjara.

Kelompok Abu Sayyaf merupakan sebuah kelompok separatis yang termaksud daftar hitam organisasi teroris Amerika Serikat, yang berbasis di sekitar kepulauan selatan Filipina, antara lain Jolo, Basilan, dan Mindanao.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)