Kaisar Jepang jalani operasi jantung

Jum'at, 17 Februari 2012 - 14:28 WIB
Kaisar Jepang jalani operasi jantung
Kaisar Jepang jalani operasi jantung
A A A
Sindonews.com - Kaisar Jepang hari ini menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Universitas Tokyo. Hal tersebut diutarakan oleh pihak Istana Kekaisaran Jepang.

Kaisar Akihito (78) memasuki rumah sakit pada pukul 8 pagi waktu setempat, Jumat (17/2/2012). Sebelum menjalani operasi, sang permaisuri Michiko tampak mendampingi sang Kaisar menuju ruangan. Michiko sempat membungkuk kepada dokter yang akan melakukan operasi kepada suaminya.

"Kaisar tiba di rumah sakit untuk melakukan operasi," ungkap Juru bicara rumah tangga Istana Jepang kepada AFP, Jumat (17/2/2012).

Operasi sudah dijadwalkan sejak hari Minggu. Sebelumnya sang Kaisar telah menjalani sebuah tes, dari hasil tes tersebut Kaisar dinyatakan mengalami penyempitan pembuluh darah. Hal ini berarti kondisi jantung Kaisar Akihito telah memburuk dibanding dengan tahun lalu.

Dari laporan Jiji press, operasi ini diperkirakan akan memakan waktu lima jam. Tim dokter dari Universitas Tokyo dan sebuah Universitas swasta Juntendo yang melakukan operasi. Setelah menjalani operasi sang Kaisar membutuhkan masa pemulihan selama dua minggu.

Operasi ini dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Kaisar agar dapat kemabali menjalani aktivitas sehari-hari.

Selama operasi berlangsung, putra pertama Akihito, Putra Mahkota Naruhito, mengambil alih tugas-tugas ayahnya. Menghadiri upacara publik dan pertemuan dengan tamu-tamu negara.

Dalam beberapa tahun terakhir sang Kaisar telah mengalami berbagai masalah kesehatan seperti pneumonia dan kanker prostat. Walaupun telah membatasi kegiatannya, namun Kaisar tetap muncul di depan publik secara teratur.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4373 seconds (0.1#10.140)