Gempa berpotensi tsunami guncang Filipina

Senin, 06 Februari 2012 - 14:53 WIB
Gempa berpotensi tsunami guncang Filipina
Gempa berpotensi tsunami guncang Filipina
A A A
Sindonews.com - Gempa berkekuatan 6,7 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Negros di Filipina. Pihak keamanan Filipina memperingatkan warga pesisir pantai untuk berjaga-jaga akan bahaya tsunami.

Kepala Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina, The Philippines Institute of Volcanology and Seismology, Renato Solidum, mengatakan bahwa gempa ini berpotensi tsunami.

Gempa ini berada pada level dua, oleh karena itu pihak setempat telah memperingatkan warga di sepanjang daerah pesisir untuk berjaga-jaga jika suatu saat gelombang besar terjadi.

"Kerusakan mungkin terjadi di wilayah gempa yang terkena intensitas lima dan jika bangunan lemah secara struktural," kata Renato Solidum seperti dikutip dalam The Star Senin (6/2/2012)

Sejauh ini pemerintah lokal setempat belum memerintahkan untuk melakukan evakuasi pada warga sekitar. Namun lembaga ini telah memperingatkan bahwa bangunan-bangunan yang memiliki struktur lemah akan rusak.

Lembaga pusat peringatan tsunami Amerika Serikat Pasifik (The U.S. Pacific Tsunami Warning Center USGS) mengatakan bahwa gelombang tsunami diperkirakan tidak akan meluas.

USGS mengatakan bahwa gempa ini berasal dari kedalaman sekira 10 km (6,2 mil), dan berpusat hanya lima kilometer di lepas pantai Tayasan, Negros Oriental, gempa dirasakan dengan intensitas tujuh di Dumaguete City sedangkan di Kota Bacolod intensitas enam.

USGS mengatakan bahwa telah terjadi dua gempa susulan dengan kekuatan sebesar 4,8 dan 5,6 skala rikter, 30 menit dari gempa awal. Akibat gempa tersebut, seorang balita dilaporkan tewas.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)