Evakuasi bangkai Costa Concordia jadi rekor dunia

Selasa, 24 Januari 2012 - 18:09 WIB
Evakuasi bangkai Costa...
Evakuasi bangkai Costa Concordia jadi rekor dunia
A A A
Sindonews.com - Kapal Costa Concordia akan segera dievakuasi. Operasi evakuasi bangkai kapal ini akan tercatat sebagai rekor dunia untuk evakuasi kapal dengan bobot terberat.
Sebuah kapal tongkang milik perusahaan Smit rencananya akan melakukan proses evakuasi tersebut. Kapal tongkang tersebut membawa spesialis dan insinyur mesin kapal dengan membawa peralatan seperti bor, pipa dan peralatan berat lainnya.

Perusahaan Smith merupakan perusahaan asal Belanda yang mempunyai spesifikasi khusus untuk melakukan evakuasi bangkai kapal karam.

“Kapal ini akan menghabiskan waktu satu hingga dua hari untuk memeriksa bagian lambung kapal yang robek akibat menghantam karang,” ujar salah seorang awak kapal tongkang seperti dikutip the telegraph, Selasa (24/1/2012).

Proses pengosongan tangki ini di perkirakan akan memakan waktu empat sampai enam minggu. Perusahaan Smit mengerahkan sebuah tim yang terdiri dari 40 orang untuk mengevakuasi bangkai kapal ini.

Tim ini harus berpacu dengan waktu sebelum cuaca buruk terjadi dan mengakibatkan minyak tumpah. Tumpahnya minyak dapat mengakibatkan bencana lingkungan.

“Evakuasi akan dimulai dengan memompa keluar 2.400 ton bahan bakar yang terjebak di dalam kapal akhir pekan ini,” katanya.

Mereka akan mengebor lubang di lambung kapal. Kemudian memasang sebuah pipa besar yang akan memompa bahan bakar keluar dan di alirkan ke sebuah kapal tanker besar.

Sebelumnya, Perusahaan Smit pernah melakukan evakuasi terhadap bangkai kapal selam nuklir Kursk, milik Rusia. Kapal selam nuklir Rusia tenggelam pada 2000 silam setelah mengalami ledakan di bagian haluan kapal. Dalam kecelakaan tersebut 118 awak kapal dinyatakan hilang.

Perusahaan Smit tergabung dalam tim Internasional mengevakuasi kapal selam seberat 9.000 ton dari dasar laut sedalam 180 meter. Kapal selam ini tenggelam 90 mil dari di wilayah Murmansk.

11 hari sudah berlalu sejak kapal berbobot 114.500 ton terbalik sejak 14 Januari 2012. Bagian lambung kapal Costa Concordia mengalami robek besar akibat menghantam batu karang.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0334 seconds (0.1#10.140)