AS perkirakan waktu jatuhnya satelit Rusia

Jum'at, 13 Januari 2012 - 17:00 WIB
AS perkirakan waktu...
AS perkirakan waktu jatuhnya satelit Rusia
A A A
Sindonews.com - Amerika Serikat (AS) memprediksi, satelit antariksa Rusia Phobos Grunt diperkirakan akan jatuh pada 15-16 Januari 2012.

Komandan strategis Amerika Serikat mengatakan satelit antariksa Rusia Phobos Grunt sedang bemasalah dan diperkirakan akan jatuh ke bumi antara Minggu atau Senin pagi nanti.

Pembuatan satelit ini merupakan misi paling ambisius dari Rusia dalam beberapa dekade. Satelit ini diluncurkan pada 9 November 2012, tapi terjebak di orbit bumi karena kegagalan mekanik . Misi Phobos Grunt adalah untuk menjelajahi salah satu dari dua bulan mars , yakni Phobos.

Para peneliti dari Amerika Serikat mengatakan, puing-puing itu akan jatuh antara 02:39 GMT pada tanggal 15 Januari dan 07.39 GMT pada 16 Januari.

Sementara, Roscosmos, badan luar angkasa Rusia mengatakan sebelumnya Phobos akan jatuh pada tanggal yang sama di Samudera Hindia, di sebelah utara Madagaskar.

Roscosmos menyebutkan sekira 20 sampai 30 potongan puing dari Phobos Grunt seberat 200 kilogram yang akan menabrak bumi. Sementara bahan bakar beracun akan terbakar di atmosfer pada ketinggian sekitar 100 kilometer.

"Letak kesalahan satelit ini masih dalam penyelidikan pihak Rusia. Tapi, jelas bagian terluar dari kapal ini tidak akan terbakar sebelum sampai ke bumi," kata Richard Crowther. Seperti dikutip dalam The guardian, Jumat (13/1/2012).

Satelit antariksa ini yang terbesar dibangun Roscosmos. Satelit ini diharapkan mendarat di mars dan bulan kemudian kembali ke Bumi sambil membawa sampel. Misi ini juga disertai misi China yang menyertakan sebuah kontainer untuk ditinggalkan di mars untuk menguji kelangsungan hidup bakteri di luar angkasa.(azh)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0462 seconds (0.1#10.140)