Nuklir Iran didukung Nikaragua

Kamis, 12 Januari 2012 - 14:30 WIB
Nuklir Iran didukung Nikaragua
Nuklir Iran didukung Nikaragua
A A A
Sindonews.com - Presiden Nikaragua Daniel Ortega Saavedra dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap nuklir Iran. Pernyataan Ortega muncul di saat dirinya kembali terpilih menjadi Presiden Nikaragua.

Menurut Ortega, segala bentuk sanksi yang diberlakukan oleh Barat terhadap Iran akan mengancam perdamaian global. Dirinya dengan lantang mengatakan, ada konspirasi besar-besaran terhadap Iran.

"Kita tentu ingat apa yang terjadi di Irak. Amerika Serikat (AS) bersumpah, Presiden Saddam Hussein memiliki bom atom dan dari tuduhan itulah mereka menginvasi Irak. Sanksi Iran sangat bertentangan dengan perdamaian dunia," ujar Ortega, seperti dikutip IANS, Kamis (12/1/2012).

Dalam pidatonya, Ortega juga mengucapkan terima kasih pada Presiden Venezuela Hugo Chavez yang selalu mendukungnya serta Putra Mahkota Spanyol, Pangeran Felipe yang mendukung Ortega.

"Spanyol sudah membina hubungan yang baik dengan Nikaragua, terlepas dari siapakah yang memimpin Nikaragua, maupun Spanyol. Kerja sama antara kedua negara ini tetap terjalin baik," tambahnya.

Presiden berusia 66 tahun itu sempat memimpin Nikaragua pada 1985 hingga 1990, pada 1990 silam, dirinya dikalahkan dalam pemilihan umum oleh seorang bernama Violeta Barrios de Chamoro. Namun Ortega berhasil meraih kembali kursi Presiden Nikaragua pada 2007.
Ortega saat ini bahkan kembali memenangkan pemilihan umum dan akan kembali meneruskan masa pemerintahannya.

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)