Bom magnetik meledak, ilmuan Iran tewas

Rabu, 11 Januari 2012 - 15:27 WIB
Bom magnetik meledak,  ilmuan Iran tewas
Bom magnetik meledak, ilmuan Iran tewas
A A A
Sindonews.com - Sebuah bom magnetik yang dipasangkan di bagian bawah sebuah mobil meledak. Dalam ledakan ini seorang tewas dan melukai dua orang yang duduk di bagian kursi penumpang.

Seorang yang terbunuh dikabarkan bernama Mostafa Ahmadi Roshan, seorang profesor di salah satu universitas Iran. Menurut kantor berita setempat, ledakan bom ini terjadi di Universitas Teheran.

“Pagi ini sebuah motorbike mendekat ke Peugeot 405 kemudian meledak,” kata Wakil Gubenur Provinsi Teheran, Safar Ali Bratloo seperti dikutip kantor berita ILNA, Rabu (11/1/2012).

Pejabat otoritas di Iran sampai saat ini belum bisa memastikan siapa pihak yang bertanggung jawab dari ledakan bom itu.

Menurut beberapa media, Profesor Roshan adalah seorang direktur yang bertanggung jawab mengurus fasilitas pengayaan uranium di Provinsi Isfahan, Iran.

Sebelumnya pada 2010, ledakan dengan pola yang sama juga menimpa dua orang ilmuan nuklir Iran.

Sementara itu pada November tahun lalu, Kepala Organisiasi Atom Iran Fereydoun Abbasi dan keluarganya lolos dari ledakan bom yang dipasang di bawah mobilnya.

Menurut pemerintah Iran, dalang di balik aksi pemboman terhadap para ilmuan mereka adalah agen intelijen Mosad yang didukung oleh Amerika.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6324 seconds (0.1#10.140)