Amerika selamatkan 13 sandra Iran di Somalia

Sabtu, 07 Januari 2012 - 14:07 WIB
Amerika selamatkan 13 sandra Iran di Somalia
Amerika selamatkan 13 sandra Iran di Somalia
A A A
Sindonews.com - Angkatan Laut (AL) Amaerika Serikat (AS) berhasil selamatkan 13 sandra asal Iran oleh pembajak Somalia. Operasi penyelamatan ini dipimpin Kapten Kapal USS Kidd. USS Kidd adalah kapal yang mendampingi kapal induk AS yang di kirim ke Selat Hormuz.

Kapten kapal nelayan Al-Molai mememinta bantuan dan mengatakan bahwa kapalnya sedang di tawan oleh bajak laut Somalia. Di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS. Kapal tempur AS menanggapai pangilan dari kapal nelayan yang berbendera Iran.

Kapten Kapal USS Kidd segera mengirimkan tim AL untuk membebaskan awak kapal asal Iran. "Tim penyelamat dari kapal Kidd berhasil merampas kapal Al-Molai dari tangan pembajak dan menangkap 15 orang pembajak bersenjata dan membebaskan 13 awak kapal," ujar Kapten Kapal USS Kidd Laksamana Craig Faller seperti dikutip AFP, Sabtu (7/1/2012).

Ditambahkan kapten itu, Al-Molai telah di kuasai oleh pembajak dan digunakan sebagai kapal induk untuk operasi pembajakan di teluk Persia.

Juru bicara Pentagon, Kapten Kirby mengatakan, semua perompak yang di tangkap berkewarganegaraan Somalia. "Para nelayan Iran telah berada dalam perjalanan kembali kerumah mereka," terangnya.

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta memberikan ucapan selamat kepada Laksamana Craig Faller dan timnya karena berhasil menyelamatkan awak Kapal asal Iran dari perompak Somalia. "Usaha penyelamatan yang bagus," terangnya.

Aksi penyelamatan ini bukan yang pertama kali di lakukan AS. Kamis 5 Januari 2012 kemarin, AL AS juga berhasil menyelamatkan kapal perahu motor juga telah dberhasil di selamatkan dari serangan pembajak. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5834 seconds (0.1#10.140)