Pilpres Amerika Serikat, Biden Memimpin Dua Digit di Atas Sanders

Selasa, 10 Maret 2020 - 11:15 WIB
Pilpres Amerika Serikat,...
Pilpres Amerika Serikat, Biden Memimpin Dua Digit di Atas Sanders
A A A
WASHINGTON - Mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) yang juga kandidat calon presiden (capres), Joe Biden, unggul dua digit di atas pesaing utamanya, Senator asal Vermont Bernie Sanders. Itu menegaskan langkah Biden semakin nyata untuk mendapatkan tiket nominasi capres Partai Demokrat.

Jajak pendapat baru versi CNN yang digelar SSRS menunjukkan Biden menjadi pilihan bagi mayoritas pemilih Demokrat di seluruh AS. Itu menegaskan kemenangan Biden pada Super Tuesday pertama yang digelar beberapa waktu lalu. Hal itu juga menunjukkan pertarungan semakin sempit karena mengerucut pada dua capres, yakni Biden dan Sanders.

Jajak pendapat menunjukkan 52% pemilih terdaftar Demokrat dan independen menginginkan Biden memenangkan nominasi capres, sedangkan 36% masih memilih Sanders. Senator asal Massachusetts Elizabeth Warren yang sudah mengundurkan diri, hanya meraih 7%. Ketika pertarungan fokus pada Biden dan Sanders, ternyata Biden mendapatkan dukungan 57% dan Sanders 36%. Prestasi Biden setelah kemenangan Super Tuesday juga menunjukkan tingkat kesukaan mencapai 48%, karena pada Desember lalu hanya 39%.

“Dua pertiga pemilih Demokrat menginginkan kandidat yang mampu memiliki kesempatan untuk mengalahkan Donald Trump,” demikian hasil jajak pendapat CNN.

Kemudian sembilan dari 10 pemilih Demokrat akan memilih pemenang tiket nominasi capres dan mengabaikan capres yang didukung sebelumnya.

Sementara itu, Biden kemarin fokus berkampanye di Michigan yang akan menggelar pemilu pendahuluan pekan ini. Michigan memiliki 125 dari 1.991 delegasi sehingga sangat kritis untuk menangkap momentum. Biden juga berkampanye bersama mantan rivalnya, Kamala Harris, di Michigan. Dia mendapatkan dukungan kuat dari Harris, senator kulit hitam dari California.

Sebelum mendukung Biden, Harris dikenal sebagai penyerang utama Biden terutama dalam hal rekam jejak hak asasi manusia. “Tidak ada yang lebih baik dibandingkan Joe (Biden) untuk memimpin bangsa ini di tengah masa sulit dan memperbaiki kebenaran, kehormatan, dan penurunan di Oval Office,” kata Harris, mantan jaksa agung negara bagian California.

Selama ini Biden mengandalkan dukungan pemilih warga kulit hitam. Itu menjadikan modal utama ketika Biden memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina pada 29 Februari lalu. Di Michigan, isu kulit hitam menjadi hal krusial. Ketika menang di Michigan, itu akan menjadikan modal besar bagi Biden untuk mengamankan pemilihan pendahuluan di negara bagian lainnya.

Sementara itu, Sanders fokus berkampanye di St. Louis, Missouri. Setelah itu, dia akan kembali ke Michigan untuk menggelar diskusi dengan para pakar tentang virus korona di Detroit. Sanders memang mengandalkan perawatan kesehatan universal sebagai pilar utama kampanye. Dia tetap percaya diri di Michigan karena dia pernah menang pemilu pendahuluan di sana ketika melawan Hillary Clinton.

Super Tuesday kedua digelar Michigan, Missouri, Washington, North Dakota, Michigan, dan Mississippi, yang akan menggelar pemilu pendahuluan pada Selasa (hari ini). Kemudian pemilu pendahuluan di Florida, Illinois, dan Ohio, yang akan menggelar pemilu pendahuluan pada 17 Maret. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)