Presiden China Yakin Bisa Menang Melawan Wabah Virus Corona

Minggu, 26 Januari 2020 - 01:53 WIB
Presiden China Yakin Bisa Menang Melawan Wabah Virus Corona
Presiden China Yakin Bisa Menang Melawan Wabah Virus Corona
A A A
BEIJING - Presiden China, Xi Jinping memperingatkan tentang "situasi gawat" yang ditimbulkan oleh penyebaran virus Corona yang mematikan. Xi mengadakan pertemuan khusus dengan para pejabat tinggi negeri Tirai Bambu pada liburan Tahun Baru Imlek, Sabtu (25/1).

Berbicara bersama dengan para pemimpin Partai Komunis China, Jinping memperingatkan keungkinan penyebaran wabah besar-besaran ini. "Dihadapkan dengan situasi yang genting dari penyebaran pneumonia yang semakin cepat dari infeksi virus Corona baru, kita harus meningkatkan kepemimpinan Komite Pusat Partai yang terpusat dan terpadu," kata Jinping.

Jinping kemudian menguraikan rencana langkah-langkah seluruh negara untuk menghadapi penyebaran wabah, termasuk meningkatkan pengobatan untuk pasien dan mendistribusikan sumber daya ke daerah-daerah yang terkena dampak. (Baca juga: Virus Corona Diduga Lepas dari Laboratorium Senjata Biologis Wuhan)

The Times melaporkan, China akan membentuk satuan tugas untuk mengatasi krisis, dapat melibatkan sumber daya medis lokal dan militer, serta memastikan peningkatan pemantauan penumpang dan pengunjung di stasiun kereta api, bandara, dan pelabuhan.

"Kami yakin bisa menang dalam pertempuran ini untuk mengalahkan epidemi melalui pencegahan dan kontrol," tegas Jinping. Komentar Jinping ini muncul setelah dia relatif diam tentang penyebaran virus tersebut, ketika rasa frustrasi muncul di provinsi China yang diidentifikasi sebagai pusat penyebaran wabah.

Hingga kini sudah 41 orang dilaporkan tewas akibat virus Corona dan lebih dari 1.400 orang terinfeksi di seluruh dunia, sebagian besar dari mereka tinggal di China. Sementara Hong Kong menyatakan darurat virus, membatalkan perayaan, dan membatasi perjalanan ke China daratan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)