Jepang Siap Benahi Pelabuhan di Pulau-pulau Terluar Indonesia

Jum'at, 10 Januari 2020 - 13:51 WIB
Jepang Siap Benahi Pelabuhan di Pulau-pulau Terluar Indonesia
Jepang Siap Benahi Pelabuhan di Pulau-pulau Terluar Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang dan Republik Indonesia (RI) sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang maritim. Mulai bulan depan, pihak Tokyo akan memulai proyek pembenahan pelabuhan dan pasar ikan di pulau-pulau terluar Indonesia.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansasi Marsudi dengan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

"Sebagai sesama negara demokrasi maritim, kami sepakat untuk mempromosikan kerjasama di bidang maritim. Bulan ini kami menjalankan kami mulai menjalankan kerjasama teknik dengan Bakamla (Badan Keamanan Laut)," kata Motegi saat menyampaikan pernyataan bersama dengan Retno.

Sehubungan dengan kerjasama bidang keamanan, kedua Menlu mencapai kesepakatan untuk mempercepat koordinasi agar dapat menyelenggarakan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan atau pertemuan 2+2 antara kedua negara.

Pertemuan kedua diplomat top itu turut membahas kerjasama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Motegi, kedua pihak akan melanjutkan kerjasama dengan menggunakan kerangka antarpemerintah dan swasta yang baru saja dibentuk untuk mempertimbangkan upaya dalam mengembangkan SDM dan meningkatkan ekspor.

"Dalam kerjasama (dengan) Jepang di bidang infrastruktur, kami akan terus melakukan transfer teknologi dan pengembangan SDM. Indonesia memiliki SDM yang mahir dan Jepang membutuhkan SDM yang pintar. Oleh karena itu kami ingin perkuat pendidikan Bahasa Jepang," kata Motegi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3964 seconds (0.1#10.140)