Taliban Culik 26 Aktivis Perdamaian

Rabu, 25 Desember 2019 - 21:55 WIB
Taliban Culik 26 Aktivis Perdamaian
Taliban Culik 26 Aktivis Perdamaian
A A A
KABUL - Kelompok Taliban menyergap konvoi perdamaian di Afghanistan barat dan menculik 26 aktivis anggota gerakan perdamaian. Hal itu dikatakan seorang juru bicara kepolisian setempat.

Gerilyawan Taliban melancarkan serangan di distrik Bala Buluk di Provinsi Farah pada Selasa waktu setempat.

"Taliban memaksa konvoi enam kendaraan itu berhenti, kemudian masuk ke mobil dan membawa mereka serta para aktivis ke lokasi yang tidak diketahui," kata juru bicara kepolisian Provinsi Farah, Mohibullah Mohib, seperti dilansir dari AP, Rabu (25/12/2019).

Menurut Mohib, polisi telah meluncurkan operasi pencarian dan pembebasan para aktivis yang konvoinya bergerak dari desa ke desa untuk menggalang perdamaian.

Namun, Bismillah Watandost dari Gerakan Damai Rakyat Afghanistan, tempat para aktivis itu berada, mengatakan bahwa 27 anggota mereka diculik oleh Taliban dalam serangan di Farah. Sementara sejumlah tokoh berbeda tidak dapat langsung direkonsiliasi.

Taliban, yang telah aktif di Farah, belum mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu. Namun, Watandost juga mengatakan bahwa para tetua suku di provinsi itu segera meluncurkan upaya untuk bernegosiasi dengan Taliban guna membebaskan para aktivis yang diculik. Ia menambahkan bahwa saluran telepon diputus di wilayah tersebut, membuat komunikasi dan mendapatkan informasi dari daerah itu sangat sulit.

Taliban saat ini memegang kendali atau menguasai hampir setengah dari Afghanistan dan berada pada posisi terkuat mereka sejak invasi Amerika Serikat (AS) pada 2001. Mereka terus melakukan serangan hampir setiap hari yang menargetkan pasukan Afghanistan dan AS, serta pejabat pemerintah - bahkan ketika mereka mengadakan pembicaraan damai dengan utusan AS yang ditugaskan untuk menegosiasikan diakhirinya konflik selama 18 tahun, perang terpanjang AS.

Aktivis dari Gerakan Damai Rakyat Afghanistan baru saja melakukan demonstrasi pada hari Jumat lalu di provinsi Helmand selatan, sebuah jantung Taliban.

Pada serangkaian aksi damai serupa pada Oktober, Taliban menculik enam aktivis dari gerakan di provinsi Logar timur tetapi kemudian membebaskan mereka pada hari yang sama.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)