AS Hapus Perdagangan Bebas dengan Wakanda, Negara Black Panther

Minggu, 22 Desember 2019 - 04:01 WIB
AS Hapus Perdagangan Bebas dengan Wakanda, Negara Black Panther
AS Hapus Perdagangan Bebas dengan Wakanda, Negara Black Panther
A A A
NEW YORK - Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menghapus negara fiksi Wakanda dari daftar online negara-negara yang memiliki kesepakatan perdagangan bebas dengan Amerika Serikat (AS) pekan ini.

Kerajaan Wakanda merupakan tempat tinggal Black Panther, pahlawan super Marvel. Wakanda juga ada dalam beberapa buku komik dan film blockbuster 2018 sebagai negara Afrika yang memiliki teknologi paling canggih di Bumi.

"Meski kami menghapus Kerajaan Wakanda dari daftar mitra perdagangan bebas AS, hubungan kami akan selalu kuat #WakandaForever," ungkap tweet USDA di akun resminya.

USDA belum memberikan respon pada berbagai pertanyaan media tentang masalah itu.

Juru bicara USDA menjelaskan di The Washington Post bahwa masuknya negara mitos Afrika tempat tinggal pahlawan super Marvel itu kesalahan yang dilakukan para pejabat saat tes sedang berlangsung.

Pakar software Francis Tseng yang mencari data untuk tarif pertanian AS pertama kali melihat nama negara Wakanda di daftar tarif AS dan mengunggahnya di Twitter.

"Saya sangat bingung pertama kali dan berpikir saya salah mengingat negara dari film dan membuatnya bingung dengan sesuatu yang lain," kata Tseng pada Reuters.

Sebelum negara Wakanda dihapus, Tseng mengunggah daftar tabel Excel kode tarif “Harmonized Schedule” untuk berbagai kategori barang yang diperdagangkan antara Wakanda dan AS, yakni binatang hidup, produk susu, tembakau dan alkohol.

Setelah daftar itu diperbaiki, Tseng mengunggah tweet, "Baik, USDA menghapus Wakanda dari daftar. Mungkin kita sedang perang dagang dengan mereka juga."

Yang pasti, USDA tidak menyebut vibranium, logam fiksi dari antariksa yang menjadi sumber kekuatan Wakanda.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5031 seconds (0.1#10.140)