Dua Badai Dahsyat Hantam AS

Rabu, 27 November 2019 - 20:55 WIB
Dua Badai Dahsyat Hantam AS
Dua Badai Dahsyat Hantam AS
A A A
WASHINGTON - Dua badai besar musim dingin menghantam dua pertiga bagian barat Amerika Serikat (AS), Rabu (27/11/2019). Kondisi cuaca ini mengganggu rencana perjalanan jutaan orang yang ingin merayakan Hari Thanksgiving di jalan raya dan pesawat.

Badai pertama bergerak melintasi Midwest bagian atas, di mana diperkirakan akan menghantam wilayah dari Iowa, Wisconsin dan Minnesota dengan ketebalan salju hampir 30 cm dan hembusan angin hingga 50 mph.

"Kondisi ini membuat perjalanan menjadi sulit jika bukan tidak mungkin," kata National Weather Service (NWS) seperti disitir dari Reuters.

Badan cuaca itu juga memperingatkan kemungkian hembusan angin hingga 60 mph dan hujan badai di petak luas AS tengah dari Texas barat hingga Missouri dan ke Ohio, ketika jutaan orang akan memenuhi jalan dan naik pesawat terbang untuk liburan.

Menurut American Automobile Association cuaca ekstrim membahayakan rencana perjalanan bagi sebagian dari 55 juta orang Amerika yang diperkirakan akan terbang atau berkendara setidaknya 80 km dari rumah mereka untuk liburan Thanksgiving pada hari Kamis.

"Ini benar-benar menyebalkan," kata Ally Lytle, seorang mahasiswa berusia 20 tahun di Universitas Wyoming di Laramie, yang tidak akan dapat melakukan perjalanan darat sejauh 645 km ke Jackson Hole setelah badai melanda area itu pada hari Selasa.

Badai telah menutup jalan raya di seluruh wilayah dan membatalkan serta menunda ratusan penerbangan masuk dan keluar dari Denver pada hari Selasa.

Hembusan angin lebih dari 40 mph di Pantai Timur, pada Kamis mendatang juga dapat mendaratkan balon raksasa yang ditampilkan selama Parade Hari Pengucapan Syukur Macy di New York City, kata dinas cuaca dalam sebuah imbauan.

NWS mengatalam badai kedua semakin meningkat dengan cepat ketika didorong ke arah Oregon dan California utara. Diperkirakan hembusan angin yang merusak, banjir melanda wilayah pantai, dan salju setinggi 120 cm.

Badai itu juga diperkirakan akan menurunkan hujan deras, mengancam banjir bandang di California selatan, dari San Diego ke Los Angeles, kata dinas cuaca.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5150 seconds (0.1#10.140)