Gedung Putih Batasi Akses Transkrip Telepon Trump dengan Putin dan MBS

Sabtu, 28 September 2019 - 12:42 WIB
Gedung Putih Batasi Akses Transkrip Telepon Trump dengan Putin dan MBS
Gedung Putih Batasi Akses Transkrip Telepon Trump dengan Putin dan MBS
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih membatasi akses transkrip panggilan telepon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS). CNN pada hari Jumat (27/9/2019) melaporkan pembatasan akses tersebut.

Menurut laporan yang mengutip sumber yang mengetahui masalah itu, transkrip panggilan telepon Trump dengan Mohammed bin Salman tidak pernah diedarkan, sebuah praktik yang tidak biasa untuk percakapan profil tinggi. Dengan Putin, lanjut sumber tersebut, akses ke transkrip panggilan telepon juga sangat terbatas.

Tidak jelas apakah kondisi yang sama juga berlaku dalam percakapan Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang sekarang tenar.

Sumber mengatakan kepada CNN bahwa John Eisenberg, Wakil Penasihat Gedung Putih untuk urusan Keamanan Nasional dan Penasihat Hukum Keamanan Nasional, memerintahkan penggilan telepon Zelensky dimasukkan ke dalam sistem terpisah yang sangat rahasia yang biasanya disediakan untuk dokumen "kata sandi" yang sangat sensitif seperti informasi operasi militer rahasia.

Sumber mengklaim bahwa panggilan telepon Trump dengan Mohammed bin Salman tidak mengandung rahasia keamanan nasional yang sensitif, seperti halnya panggilan telepon dengan Zelensky. Sedangkan isi panggilan dengan Putin tidak diketahui.

Menurut para pejabat, praktik membatasi akses ke panggilan telepon dengan para pemimpin asing dimulai setelah pembicaraan Trump yang tidak jelas dengan para pemimpin Australia dan Meksiko dibocorkan kepada pers.

Sam Vinograd, seorang analis keamanan nasional yang bertugas di Dewan Keamanan Nasional Presiden Barack Obama dan di Departemen Keuangan di bawah Presiden George W. Bush, mengatakan gagasan memasukkan transkrip panggilan telepon umum ke dalam sistem "kata sandi" adalah potensi “penyalahgunaan kekuasaan".

"Dalam pengalaman saya, Anda tidak akan pernah memindahkan transkrip ke sistem kata sandi jika tidak memiliki istilah kata sandi. Jika presiden mengklasifikasikan hal-hal yang tidak ingin dikeluarkannya, itu adalah penyalahgunaan kekuasaan dan penyalahgunaan dari sistem," katanya.

Ketika dihubungi untuk memberikan komentar, seorang pejabat Gedung Putih mengonfirmasi bahwa panggilan telepon Trump dengan Zelensky dimasukkan ke dalam sistem atas arahan para pengacara Dewan Keamanan Nasional (NSC).

"Pengacara NSC memerintahkan agar dokumen rahasia ditangani dengan tepat," kata seorang pejabat senior Gedung Putih, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Tidak jelas apakah transkrip yang baru ditemukan ini akan memainkan peran apa pun dalam penyelidikan pemakzulan yang baru-baru ini diumumkan terhadap Trump.

Trump saat ini menghadapi pemungutan suara Dewan Perwakilan Rakyat atau Parlemen AS untuk penyelidikan pemakzulan, setelah Partai Demokrat menyatakan bahwa Trump meminta "bantuan" Zelensky terkait penahanan dana militer dan karenanya merupakan pemerasan politik. Trump telah membantah melakukan kesalahan. Zelensky juga mengomentari panggilan telepon itu, dengan mengatakan bahwa tidak ada yang menekan dirinya. Tanggal pemungutan suara pemakzulan Trump belum ditentukan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6716 seconds (0.1#10.140)