Cari Udara Segar, Wanita Asal China Buka Pintu Darurat Pesawat

Kamis, 26 September 2019 - 02:01 WIB
Cari Udara Segar, Wanita Asal China Buka Pintu Darurat Pesawat
Cari Udara Segar, Wanita Asal China Buka Pintu Darurat Pesawat
A A A
BEIJING - Aksi nekat dilakukan seorang wanita asal China saat menunggu pesawat yang ditumpanginya lepas landas. Beralasan ingin menghirup udara segar, wanita itu membuka pintu darurat pesawat.

Insiden itu terjadi di atas pesawat jet Air Xiamen yang terbang dari kota Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei China tengah, ke Lanzhou di provinsi barat laut Gansu pada hari Senin lalu. Akibatnya, penerbangan pesawat tersebut terpaksa ditunda selama satu jam. Wanita tersebut juga harus merubah rencana penerbangan setelah dikeluarkan dari pesawat dan dibawa oleh polisi untuk diinterogasi.

Ketika ditanya mengapa dia melakukan hal itu meskipun ada instruksi kru untuk tidak menyentuh tombol yang membuka palka, wanita yang tampaknya berusia 50-an tahu itu memberikan penjelasan sederhana: kabinnya terasa terlalu pengap dan dia membutuhkan udara segar, seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (26/9/2019).

Insiden itu direkam dalam video oleh penumpang lain yang mengunggahnya secara online, di mana kemudian menjadi viral.

Penerbangan akhirnya berangkat dari Bandara Internasional Wuhan Tianhe dan mendarat dengan selamat di Lanzhou pada malam yang sama.

Masih belum jelas apakah wanita itu akan menghadapi konsekuensi hukum atas tindakannya. Insiden dengan penumpang yang membuka pintu darurat - sengaja atau tidak sengaja - tidak jarang terjadi. Pada bulan Juni, seorang penumpang dalam penerbangan dari Manchester ke Islamabad berhasil membuka palka saat mencari kamar kecil. Untungnya, saat itu pesawat masih di darat. Sebulan sebelumnya, insiden serupa terjadi di provinsi Shandong, China timur, ketika seorang penumpang tua ingin turun, ia kemudian membuka pintu darurat saat pesawat diam di landasan pacu. Pria itu kemudian ditahan selama 10 hari.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5256 seconds (0.1#10.140)