Pidato di PBB, Trump Sebut Iran Haus Darah

Selasa, 24 September 2019 - 22:59 WIB
Pidato di PBB, Trump...
Pidato di PBB, Trump Sebut Iran Haus Darah
A A A
NEW YORK - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengecam sikap "haud darah" Iran. Ia pun menyerukan negara-negara lain untuk bergabung dengan AS guna menekan Iran setelah serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Meski begitu, ia menyatakan masih ada jalan menuju perdamaian.

"Kami ingin mitra, bukan musuh," kata Trump dalam pidatonya di hadapan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB seperti dilansir dari Reuters, Selasa (24/9/2019).

Serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi memicu kekhawatiran akan terjadinya perang. Trump menyatakan telah menahan diri dalam krisis tersebut dan aksi militer, setidaknya untuk saat ini.

“Semua bangsa memiliki kewajiban untuk bertindak. Tidak ada pemerintah yang bertanggung jawab yang seharusnya mensubsidi haus darah Iran. Selama Iran masih berperilaku mengancam sanksi tidak akan dicabut, mereka akan diperketat," tegas Trump.

Ia lantas mendesak sekutu AS di Teluk untuk menormalkan hubungan dengan Israel guna memberikan penyeimbang regional terhadap Iran.

AS menuding Iran berada di balik serangan pada 14 September lalu, namun Teheran membantah keterlibatannya. Selama sepekan terakhir, Trump telah memperketat sanksi ekonomi terhadap Iran dan memerintahkan pengiriman lebih banyak pasukan AS ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menunjukkan dukung bagi sekutu-sekutu AS itu.

"Setelah empat dekade gagal, saatnya bagi para pemimpin Iran untuk melangkah maju dan berhenti mengancam negara-negara lain dan fokus membangun negara mereka sendiri," kata Trump.

"Amerika siap merangkul persahabatan bagi semua yang benar-benar mencari perdamaian dan rasa hormat," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2195 seconds (0.1#10.140)