Berbahaya, Badai Dorian yang Intai AS Sudah Level Kategori 4

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 08:08 WIB
Berbahaya, Badai Dorian yang Intai AS Sudah Level Kategori 4
Berbahaya, Badai Dorian yang Intai AS Sudah Level Kategori 4
A A A
WASHINGTON - Pusat Badai Nasional (NHC) Amerika Serikat (AS) mengumumkan badai Dorian saat ini berada di sekitar 400 mil (645 kilometer) timur Bahama barat laut. Menurut NHC, badai yang menuju Florida ini telah berbahaya karena sudah level Kategori 4.

NHC diperkirakan akan meningkatkan level badai itu menjadi Kategori 5 pada saat pendaratannya di pantai Florida yang diprediksi terjadi pada hari Minggu (1/9/2019) waktu AS.

Presiden Donald Trump mengatakan kepada wartawan di halaman Gedung Putih sebelum terbang ke Camp David untuk akhir pekan bahwa ia akan terbang kembali ke Washington pada hari Minggu pagi. Setibanya di Washington, Trump akan bertemu dengan para pejabat tinggi Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) di kantor pusat mereka untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil dalam menangani krisis badai.

"Kami sedang memikirkan (sebuah) evakuasi Florida tetapi itu agak terlalu dini (untuk memutuskan)," kata Trump.

"Kami mungkin harus membuat keputusan pada hari Minggu. Kami mengizinkan negara bagian untuk membuat keputusan itu. Banyak negara bagian membuat keputusan itu," ujarnya, dikutip Sputniknews.

Buletin dari NHC juga memperingatkan hujan dengan curah 6 hingga 12 inci terjadi di beberapa bagian Florida ketika Dorian melewati negara bagian itu. "Curah hujan ini dapat menyebabkan banjir bandang yang mengancam jiwa," bunyi peringatan NHC.

Selain itu, NHC telah memperingatkan gelombang badai yang mengancam jiwa, pertama di Bahama dan kemudian di Florida, dengan ketinggian air mencapai 10 hingga 15 kaki di atas permukaan air pasang normal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5077 seconds (0.1#10.140)