Kapal Selam Baru Korut Bisa Bawa Tiga Rudal Balistik

Kamis, 01 Agustus 2019 - 04:17 WIB
Kapal Selam Baru Korut Bisa Bawa Tiga Rudal Balistik
Kapal Selam Baru Korut Bisa Bawa Tiga Rudal Balistik
A A A
SEOUL - Kapal selam Korea Utara (Korut) yang baru dibangun memiliki kemampuan untuk membawa setidaknya tiga rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM). Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan (Korsel).

Dalam sebuah laporan kepada Komite Intelijen Majelis Nasional, para pejabat mengindikasikan bahwa kapal bawah laut yang baru tampaknya lebih besar dari kapal selam kelas Gorae berkapasitas 2.500 ton. Selain itu, kepala komite intelijen parlemen Korsel, Lee Hye-hoon mengatakan bahwa kapal selam itu siap untuk segera dioperasionalkan seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (1/8/2019).

Pernyataan pihak kementerian Korsel itu muncul setelah sebelumnya Kantor Berita Pusat milik pemerintah Korut merilis gambar pada bulan Juli yang memperlihatkan pemimpin negara itu Kim Jong-un memeriksa kapal selam baru. Kementerian Pertahanan Korsel mengindikasikan bagian yang kabur dari gambar itu tampaknya memblokir tabung peluncuran rudal kapal selam.

Menurut UPI, Korut baru-baru ini memamerkan kekuatan SLBM-nya pada 2015 dan pada 2016. Negara tertutup itu menembakkan beberapa rudal di lepas pantai timurnya menuju Jepang.

Pernyataan mengenai pengembangan kapal selam Korut dikeluarkan beberapa jam setelah negara itu mengerahkan dua rudal balistik pada Rabu pagi. Kepala Staf Gabungan Korsel kemudian mengindikasikan bahwa proyektil telah terbang antara 240 dan 330 kilometer setelah diluncurkan dari Provinsi Hamgyong Selatan di negara itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6317 seconds (0.1#10.140)