Rouhani Isyaratkan Siap Lakukan Pertukaran Tanker Dengan Inggris

Rabu, 24 Juli 2019 - 21:23 WIB
Rouhani Isyaratkan Siap...
Rouhani Isyaratkan Siap Lakukan Pertukaran Tanker Dengan Inggris
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengisyaratkan bahwa Iran terbuka untuk kemungkinan pertukaran kapal tanker dengan Inggris. Iran pada akhir pekan lalu menyita sebuah kapal tanker milik Inggris, sebagai respon atas tindakan serupa oleh Inggris sebelumnya.

Berbicara pada saat pertemuan kabinet, Rouhani menegaskan dia tidak ingin mempertahankan ketegangan dengan beberapa negara Eropa. Dia lalu menyebut, tindakan Iran terhadap Inggris, termasuk dengan dengan tanker, akan tergantung pada langkah apa yang akan diambil London.

"Kami tidak ingin ketegangan dengan beberapa negara Eropa. Jika mereka (Inggris) menghentikan tindakan salah yang telah mereka lakukan, termasuk yang dari Gibraltar, tanggapan Iran akan sesuai dengan tindakan mereka," ucap Rouhani, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (24/7).

Sementara itu, sebelumnya Kepala Organisasi Pertahanan Pasif Iran, Brigradir Jenderal Gholamreza Jalali mengatakan, Teheran telah mengakhiri kekuasaan Inggris di laut dengan menyita kapal tanker mereka.

Jalali kemudian mengatakan, saat ini Iran sedang mengalami ancaman baru. "Dapat dikatakan bahwa negara itu tidak pernah mengalami situasi seperti ini sejak akhir Pertahanan Suci," ungkapnya, menggunakan istilah untuk Perang Iran-Irak 1980-1988.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)