Perbaiki Kualitas, Focus Eastern Indonesia Gelar Lokakarya Pendidikan Vokasi

Rabu, 24 Juli 2019 - 14:24 WIB
Perbaiki Kualitas, Focus Eastern Indonesia Gelar Lokakarya Pendidikan Vokasi
Perbaiki Kualitas, Focus Eastern Indonesia Gelar Lokakarya Pendidikan Vokasi
A A A
JAKARTA - Focus Eeastern Indonesia bekerja sama dengan Australia menggelar lokakarya pendidikan vokasi untuk wilayah Indonesia timur. Lokakarya ini dihadiri oleh para pejabat sejumlah wilayah di kawasan Indonesia timur.

Pemipin Focus Eastern Indonesia, Iwan Mustika menuturkan, tujuan digelarnya lokakarya ini adalah untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan kualitas pendidikan mereka dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan Indonesia timur.

"Dari kami fokusnya adalah untuk membantu pemerintah daerah dari kawasan timur Indonesia untuk meningkatkan kualitas dari pendidikan, khususnya pendidikan vokasi yang mana nantinya akan memberikan manfaat bagi rakyat di kawasan timur Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan semoga ini menjadi salah satu kendaraan untuk keluar dari kemiskinan," ucap Iwan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Iwan lantas mengungkapkan alasan mengapa memilih pendidikan vokasi. Menurutnya, vokasi itu langsung siap pakai dan biasanya kurikulum vokasi diciptakan berdasarkan kebutuhan dari industri yang ada di daerah setempat.

Ketika ditanya mengenai mengapa memilih Australia sebagai mitra dalam lokakarya pendidikan vokasi ini, Iwan mengatakan selain karena negara tetangga, negeri Kangguru itu adalah salah satu negara terbaik dalam pendidikan vokasi.

"Jadi, mereka memiliki banyak program dan kita memilih bekerja sama dengan TAFE yakni Technical And Further Education Australia, istitusi pendidikan vokasi yang dimiliki Australia yang memiliki lebih dari 2.000 kampus di Australia," jelasnya.

Disinggung mengenai bidang apa yang ingin menjadi fokus pendidikan vokasi untuk wilayah timur Indonesia, Iwan mengatakan pada bidang pariwisata.

"Kebanyakan kita di kawasan timur Indonesia itu memiliki sumber daya alam yang sangat kaya, tapi kita juga memiliki daerah wisata yang sangat indah dan daerah wisata itu bisa menarik turis untuk kembali ke daerah-daerah itu jikalau memiliki sumber manusia yang baik," ujarnya.

"Oleh karena itu, kita memfokuskan pendidikan vokasi itu dapat diterapkan di kawasan timur, meningkatkan kualitas anak-anak muda atau rakyat di kawasan timur sehingga mereka bisa memberikan pelayanan terbaik di bidang pariwisata dan perhotelan," terang Iwan.

Focus Eastern Indonesia sendiri adalah organisasi yang didirikan di Australia. Iwan menyebut organisasi ini adalah perkumpulan para diaspora yang berasal dari kawasan timur Indonesia, yang memiliki satu objektif yang sama.

"Di mana kita ketahui di kawasan timur Indonesia itu ada empat kawasan termiskin. Lalu kami semua yang berada di Australia berpikir bagaimana kami kepanjangan tangan dari saudara-saudara kami, melalui pemerintah daerah dari kawasan timur Indonesia untuk memberikan peluang, baik itu dalam bidang pendidikan, perdagangan, investasi dan yang lainnya, sehingga suatu hari kita ingin melihat rakyat di kawasan timur Indonesia dapat keluar dari kemiskinan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4927 seconds (0.1#10.140)