Rusia Bantah Telah Langgar Wilayah Udara Korsel

Selasa, 23 Juli 2019 - 17:16 WIB
Rusia Bantah Telah Langgar Wilayah Udara Korsel
Rusia Bantah Telah Langgar Wilayah Udara Korsel
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa pesawat pengebom mereka telah melanggar ruang udara Korea Selatan (Korsel). Moskow kemudian menuduh jet Korsel melakukan manuver berbahaya yang mengancam pesawat mereka.

"Pilot Korsel tidak melakukan komunikasi dengan pilot kami. Ini bukan pertama kalinya pilot Korsel mengganggu penerbangan militer Rusia ke perairan netral," kata kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (23/7).

Seperti diketahui, sebelumnya Kepala Staf Gabungan Korsel mengumumkan bahwa dua pesawat militer China dan tiga pesawat militer Rusia memasuki KADIZ tanpa pemberitahuan sebelumnya. Ia menambahkan bahwa salah satu pesawat Rusia melanggar wilayah udara Korsel dua kali di dekat pulau Dokdo.

Korsel segera mengirim jet tempur, termasuk F-15K dan KF-16, serta melepaskan tembakan peringatan ke arah pesawat Rusia.
Insiden ini menandai pertama kalinya sebuah pesawat militer Rusia telah melanggar wilayah udara Korsel.

Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Korsel berencana untuk memanggil para pejabat dari kedutaan China dan Rusia di Seoul pada untuk memprotes keras pelanggaran terbaru ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)