Presiden Meksiko Sebut Vonis Seumur Hidup El Chapo Tidak Manusiawi

Jum'at, 19 Juli 2019 - 06:46 WIB
Presiden Meksiko Sebut Vonis Seumur Hidup El Chapo Tidak Manusiawi
Presiden Meksiko Sebut Vonis Seumur Hidup El Chapo Tidak Manusiawi
A A A
MEXICO CITY - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengecam hukuman seumur hidup yang dijatuhkan kepada gembong obat bius Joaquin "El Chapo" Guzman. Ia menyebut hukuman itu tidak manusiawi, sama dengan komentar yang dikeluarkan oleh El Chapo.

"Hukuman seumur hidup di penjara yang tidak bersahabat akan berat dan tidak layak untuk dijalani," kata Lopez Obrador pada konferensi pers seperti dikutip dari New York Post, Jumat (19/7/2019).

Namun, dia menyerukan Guzman karena cara pembunuhannya dan kehidupan kriminal yang dipicu narkoba.

"Itu adalah sesuatu yang sangat menyakitkan," kata López Obrador, menambahkan bahwa ada banyak korban dalam pikirannya.

Guzman akan menghabiskan sisa hidupnya di penjara supermax Colorado setelah dinyatakan bersalah pada bulan Februari atas serangkaian tuduhan perdagangan narkoba.

Menjelang hukumannya minggu ini, pemimpin Kartel Sinaloa itu mengklaim penahanannya adalah siksaan fisik, emosional dan mental dan situasi paling tidak manusiawi yang pernah ia alami dalam seluruh hidupnya.

Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa ia berharap hukuman Guzman - meski keras - akan menyebabkan lebih sedikit kekerasan di Meksiko.

"Kami pikir sedikit demi sedikit jumlah insiden kriminal akan menurun," harapnya.

"Kami akan terus menciptakan masyarakat yang lebih baik, didukung oleh nilai-nilai, yang tidak didasarkan pada akumulasi kekayaan materi, uang atau kemewahan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5818 seconds (0.1#10.140)