7 Negara Terkecil di Dunia

Kamis, 04 Juli 2019 - 06:12 WIB
7 Negara Terkecil di Dunia
7 Negara Terkecil di Dunia
A A A
TOTAL negara yang ada 194 negara di dunia ini. Meski begitu, dari jumlah itu tidak semua negara mempunyai wilayah daratan yang besar dengan jumlah penduduk yang besar pula. Beberapa negara bahkan sangat kecil dibanding kota-kota besar di negara lain.

Dalam rangka ulang tahun SINDONEWS ke-7, kami akan suguhkan tujuh negara terkecil di dunia dengan pemerintah dan budaya mereka sendiri, negara-negara kecil ini adalah beberapa tempat terkaya, paling terpencil, dan paling menarik di dunia..

1. Vatikan - Luas Negara: 0,44 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Vatikan menempati urutan pertama dalam daftar ini. Negara yang juga dikenal sebagai Tahta Suci ini mempunyai luas daratan hanya 0,44 kilometer persegi. Negara ini sepenuhnya cocok dengan Ibu Kota Italia Roma, dan merupakan pusat Gereja Katolik.

Vatikan juga merupakan rumah bagi gereja terbesar di dunia, Basilika Santo Petrus. Gereja ini menampung beberapa karya seni paling penting dari Renaisans seperti The Pieta dan Penciptaan Adam.

Penghasilan Vatikan berasal dari kontribusi sukarela lebih dari 1 miliar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Sisanya berasal dari penjualan prangko, cinderamata wisata, dan biaya masuk museum.

2. Monako - Luas Negara: 2 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Berlokasi di French Riviera, Monako adalah rumah bagi jutawan dan miliarder terbesar di dunia. Negara itu juga merupakan negara terkecil kedua di dunia, dengan luas daratan hanya 2 kilometer persegi. Dikenal karena judi dan industri barang dan jasa mewahnya, Monako adalah taman bermain favorit orang kaya dan terkenal.

Berbatasan dengan Prancis di tiga sisi dan di satu sisi dengan Laut Mediterania, penduduk Monako sebagian besar berbahasa Prancis. Dengan populasi lebih dari 36.000, Monako adalah negara terpadat di dunia. Acara tahunan paling populer di negara ini adalah balapan Formula 1, dengan trek yang melewati jalanan kota.

3. Nauru - Luas Negara: 21 km²
7 Negara Terkecil di Dunia

Sebuah negara kepulauan yang terletak di sebelah timur Australia, Nauru adalah negara pulau terkecil di dunia. Negara itu dikenal pada 1980-an karena penambangannya yang booming, tetapi sekarang merupakan pulau yang tenang di luar jangkauan turis.
Nauru Dahulu dikenal sebagai Pulau Pleasant, sumber fosfatnya sekarang habis, yang mengarah ke tingkat pengangguran nasional 90%, dengan 10% sisanya dipekerjakan oleh pemerintah. Nauru juga dikenal sebagai negara dengan penderita obesitas terbanyak di dunia, dengan 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Karena itu, Nauru juga merupakan rumah bagi diabetes tipe 2 tingkat tertinggi di dunia, dengan 40% populasinya menderita penyakit tersebut.

Nauru memiliki luas total 21 kilometer persegi, yang menjadikannya negara terkecil ketiga di dunia.

4. Tuvalu - Luas Negara: 26 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu terletak di Samudra Pasifik timur laut Australia. Dengan luas total daratan hanya 26 kilometer persegi, Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia. Ada sekitar 10.000 penduduk, dengan 8 km jalan, dan hanya satu rumah sakit yang ada di pulau utama.

Negara ini dulunya merupakan wilayah Britania tetapi menjadi negara merdeka pada tahun 1978. Karena lokasinya yang lebih jauh, pariwisata tidak terlalu signifikan. Pada 2010, kurang dari 2.000 pengunjung datang ke Tuvalu, dengan 65% dari mereka datang untuk bisnis.

5. San Marino - Luas Negara: 61 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Dikelilingi sepenuhnya oleh Italia, San Marino juga dikenal sebagai Republik Serene San Marino. Dengan luas total daratan mencapai 61 kilometer persegi, San Marino adalah negara terkecil kelima di dunia.

Negara ini mengklaim sebagai negara berdaulat tertua yang bertahan hidup di dunia, dan juga salah satu yang terkaya dalam hal PDB per kapita. Negara terkecil ke-3 di Eropa ini memiliki populasi hanya 30.000 dan salah satu yang dibanggakan adalah tingkat penganggurannya yang rendah di dunia.

6. Liechtenstein - Luas Negara: 160 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Negara berbahasa Jerman ini adalah satu-satunya negara di dunia yang sepenuhnya berada di Pegunungan Alpen. Terletak antara Swiss dan Austria, Liechtenstein adalah negara terkaya di dunia dengan tingkat pengangguran terendah (1,5%).

Untuk masuk ke negara ini sedikit rumit, karena tidak ada bandara di dalam perbatasannya. Pengunjung harus melalui Bandara Zurich Swiss untuk mencapai negara Alpen ini yang masih diperintah oleh seorang pangeran. Dengan luas daratan 160 kilometer persegi, Liechtenstein adalah negara terkecil keenam di dunia.

7. Kepulauan Marshall - Luas Negara: 181 km²
7 Negara Terkecil di Dunia


Kepulauan Marshall, yang secara resmi disebut Republik Kepulauan MarshalI, adalah negara pulau yang dapat ditemukan di Samudra Pasifik, kira-kira setengah jalan antara Negara Bagian Hawaii dan benua Australia. Negara itu dianggap sebagai bagian dari Mikronesia. Daerah yang mengelilingi pulau-pulau ini sangat beragam, dan mencakup lebih dari 800 spesies ikan serta 160 karang. Daerah di sekitar Kepulauan Marshall juga menampung sejumlah kapal karam. Dengan luas daratan mencapai 181 kilometer persegi, Kepulauan Marshall adalah negara terkecil ketujuh di dunia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4407 seconds (0.1#10.140)