Bolton: AS Terbuka untuk Perundingan Nuklir dengan Iran

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:37 WIB
Bolton: AS Terbuka untuk Perundingan Nuklir dengan Iran
Bolton: AS Terbuka untuk Perundingan Nuklir dengan Iran
A A A
TEL AVIV - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengatakan, Presiden Donald Trump terbuka untuk melakukan negosiasi nyata terkait nuklir dengan Iran. Hal itu dikatakan Bolton saat berbicara pada pertemuan tingkat tinggi keamanan trilateral di Yerusalem.

"Semua yang perlu dilakukan Iran adalah berjalan melalui pintu terbuka itu," kata Bolton seperti dikutip dari AP, Selasa (25/6/2019).

Bolton mengatakan utusan AS menyambangi sejumlah wilayah dengan harapan menemukan jalan keluar dari meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran. Namun sikap bungkam Iran telah "memekakan telinga."

"Tidak ada bukti bahwa Iran telah membuat keputusan strategis untuk melepaskan senjata nuklir," ujarnya.

Pernyataan Bolton ini muncul setelah Iran mengecam pemerintah Trump atas sanksi baru AS yang menargetkan pemimpin tertinggi. Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan tindakan itu berarti "penutupan permanen" untuk diplomasi antara AS dan Iran.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump benar-benar membuktikan ucapannya tentang sanksi baru yang akan dijatuhkan pada Iran. Tak tanggung-tanggung, kali ini sanksi langsung ditujukan pada pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Sanksi yang dijatuhkan pada Senin (24/6) waktu setempat itu juga menyasar 8 komandan tertinggi Pengawal Revolusi Iran.

“Ini respons yang kuat dan proporsional terhadap tindakan Iran yang semakin provokatif. Kami tidak meminta konflik. Kini, tergantung pada respons Iran. Sanksi itu bisa berakhir besok atau bisa juga bertahun-tahun dari sekarang," tandas Trump usai meneken sanksi di Gedung Putih.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)