Diduga Sabotase Kapal Tanker, Trump Peringatkan Iran

Selasa, 14 Mei 2019 - 11:33 WIB
Diduga Sabotase Kapal Tanker, Trump Peringatkan Iran
Diduga Sabotase Kapal Tanker, Trump Peringatkan Iran
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan Iran setelah serangan misterius terhadap empat kapal tanker minyak di jalur perairan strategis.

"Saya dapat memberitahu Anda bahwa ini akan menjadi masalah yang buruk bagi Iran jika terjadi sesuatu," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih saat menjamu Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban.

"Mereka tidak akan menjadi orang-orang yang bahagia," imbuhnya seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (14/5/2019).

Ditanya apa maksudnya, Trump mengatakan: "Anda bisa mengetahuinya sendiri. Mereka tahu apa yang saya maksud dengan itu."

Pemerintahan Trump telah lebih dari seminggu mengangkat kekhawatiran tentang ancaman dari Iran tetapi menolak untuk menguraikan secara spesifik.

Di tengah ketegangan yang meningkat, Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan pada hari Minggu bahwa empat kapal komersial dilanda serangan sabotase di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah.

Menurut pejabat setempat dua dari kapal itu adalah kapal tanker berbendera Arab Saudi, satu adalah kapal EUA, dan yang keempat berbendera Norwegia.

Otoritas UEA tidak segera memberikan perincian tentang dugaan serangan dan tidak merinci sifat sabotase atau negara yang diyakini bertanggung jawab.

Pelabuhan Fujairah berada di sekitar 85 mil selatan Selat Hormuz, mulut sempit Teluk Persia di mana sepertiga dari semua minyak di laut diperdagangkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4051 seconds (0.1#10.140)