Presiden Terpilih Ukraina Tawarkan Paspor bagi Warga Rusia

Senin, 29 April 2019 - 01:26 WIB
Presiden Terpilih Ukraina Tawarkan Paspor bagi Warga Rusia
Presiden Terpilih Ukraina Tawarkan Paspor bagi Warga Rusia
A A A
KIEV - Presiden terpilih Ukraina Volodymyr Zelenskiy menawarkan kewarganegaraan Ukraina kepada warga Rusia. Untuk menarik minat warga Rusia, ia mempromosikan Ukraina sebagai negara yang memiliki kebebasan berbicara dan berpendapat.

"Perbedaan Ukraina, khususnya adalah pada kenyataan bahwa Ukraina memiliki kebebasan berbicara, kebebasan media, dan internet," kata Zelenskiy di akun Facebook, seperti dikutip dari Channel News Asia, (29/4).

"Kami akan memberikan kewarganegaraan Ukraina kepada semua orang yang menderita akibat rezim otoriter dan korup. Pertama-tama bagi orang Rusia, yang saat ini paling menderita, mungkin yang paling menderita," tambahnya.

Komentar ini dilontarkan Zelenskiy sebagai balasan atas pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang pada akhir pekan lalu menyatakan bahwa Moskow mempertimbangkan untuk menawarkan paspor Rusia bagi semua warga Ukraina paspor Rusia.

Putin membuat pernyataan itu beberapa hari setelah menandatangani perintah untuk menyederhanakan prosedur untuk mendapatkan paspor Rusia untuk penduduk Ukraina timur yang dikuasai separatis.

Sikap Moskow ini jelas membuat marah sejumlah politisi di Ukraina yang telah berperang dengan separatis pro-Rusia sejak 2014. Perang lima tahun antara pasukan Ukraina dan pasukan yang didukung Rusia telah menewaskan 13.000 orang meskipun ada gencatan senjata yang ditandatangani pada 2015.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)