Burung Beo di India Kecanduan Opium

Sabtu, 02 Maret 2019 - 05:28 WIB
Burung Beo di India Kecanduan Opium
Burung Beo di India Kecanduan Opium
A A A
NEW DELHI - Para petani di India mengeluh karena burung beo telah merusak tanaman opium mereka. Burung-burung tersebut tampaknya telah kecanduan opium. Burung-burung beo yang sudah kecanduan tersebut terlihat puluhan kali menyerbu ladang opium di Madhya Pradesh setiap harinya.

Kerusakan tanaman yang disebabkan oleh burung telah memperburuk masalah petani yang sebelumnya sudah dihadapkan pada masalah curah hujan yang rendah. Kondisi itu telah mengurangi hasil produksi opium legal di negara bagian ini.

Seorang penanam opium di Madhya Pradesh, Nandkishore, mengaku telah mengeluhkan situasi ini kepada pihak berwenang agar mengambil tindakan. Namun, keluhan itu tidak mendapat tanggapan.

Dia mengatakan bahwa produsen opium di daerah tersebut telah menggunakan sejumlah metode tidak konvensional dalam upaya mengusir burung-burung itu, termasuk menggunakan petasan dan pengeras suara. Akan tetapi semuanya berujung sia-sia.

“Satu bunga poppy menghasilkan sekitar 20 hingga 25 gram opium. Tetapi sekelompok besar burung beo memakan tanaman ini sekitar 30 hingga 40 kali sehari dan beberapa bahkan terbang dengan kelopak. Ini mempengaruhi hasil,” katanya.

“Kami sudah menderita karena hujan yang tidak merata, dan sekarang ini. Tidak ada yang mendengarkan masalah kami. Siapa yang akan mengganti kerugian kami?" keluhnya.

“Kami telah mencoba membuat suara keras dan bahkan menggunakan petasan untuk menakuti burung. Tapi tidak ada yang membantu," tukasnya seperti dilansir dari Independent, Sabtu (2/3/2019).

Budidaya opium untuk keperluan pengobatan dilakukan di beberapa daerah di India di bawah lisensi khusus. Industri ini menjadikan India sebagai produsen opium legal terbesar di dunia, menurut CIA World Factbook.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4250 seconds (0.1#10.140)