PM Hasina Kembali Menangkan Pemilu Bangladesh

Senin, 31 Desember 2018 - 15:48 WIB
PM Hasina Kembali Menangkan Pemilu Bangladesh
PM Hasina Kembali Menangkan Pemilu Bangladesh
A A A
DHAKA - Partai Liga Awani yang dipimpin Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina dilaporkan kembali memenangkan pemilihan umum (pemilu) Parlemen. Partai Liga Awani disebut mendapatkan lebih dari separuh kursi di Parlemen.

Hasil tidak resmi yang dilaporkan oleh jaringan TV lokal menunjukkan bahwa aliansi yang dipimpin partai yang berkuasa mendapatkan 281 dari 299 kursi dan mengamankan kemenangan ketiga berturut-turut untuk Hasina, yang telah memerintah negara itu sejak 2008.

Dari 293 kursi, Liga Amani mendapat 259 kursi dan sekutunya Jatya Party memperoleh 22 kursi di Parlemen Nasional, sementara partai oposisi, yakni Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) hanya memenangkan 6 kursi.

Untuk membentuk pemerintahan di Bangladesh, sebuah partai membutuhkan 151 kursi dari 350 kursi yang ada di Parlemen. 300 anggota parlemen dipilih langsung melalui pemilu, sementara 50 kursi disediakan untuk perempuan.

Melansir Anadolu Agency pada Senin (31/12), aliansi oposisi utama yang dipimpin BNP menolak hasil pemilu tersebut, mengklaim kecurangan dalam pemilihan nasional, sebuah tuduhan yang dibantah pemerintah.

Sementara itu, sebelumnya diwartakan belasan orang dilaporkan tewas dalam bentrokan di Bangladesh ketika negara itu tengah menggelar pemilu.

Menurut juru bicara kepolisian Bangladesh, Sohel Rana setidaknya 17 orang tewas dalam bentrokan tersebut, yang melibatkan pendukung partai oposisi dan partai yang berkuasa saat ini.

"Kekerasan terkait pemilu menewaskan 17 orang di Bangladesh, termasuk tujuh orang dari partai yang berkuasa dan lima dari aliansi oposisi. Lebih dari 20 orang terluka," kata Rana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)