Korsel: Kim Jong-un Ingin Lebih Sering Bertemu Moon Jae-in

Minggu, 30 Desember 2018 - 18:52 WIB
Korsel: Kim Jong-un Ingin Lebih Sering Bertemu Moon Jae-in
Korsel: Kim Jong-un Ingin Lebih Sering Bertemu Moon Jae-in
A A A
SEOUL - Blue House menuturkan, pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un mengatakan, dia ingin lebih sering mengadakan pertemuan dengan Presiden Korsel, Moon Jae-in pada tahun depan untuk mencapai tujuan denuklirisasi di semenanjung Korea.

Jong-un, menurut Blue House, seperti dilansir Reuters pada Minggu (30/12), telah mengirim surat ke Jae-in pada hari ini untuk memperingati detensi ketegangan yang mereka rancang tahun ini, termasuk tiga pertemuan, setelah bertahun-tahun konfrontasi yang ditandai oleh serangkaian uji coba nuklir dan rudal Korea Utara.

Tetapi perundingan nuklir yang terhenti antara Pyongyang dan Washington berdampak pada hubungan antar-Korea, dimana Jong-un mendadak membatalkan rencana kunjungan ke Seoul, sebagaimana disepakati pada pertemuan puncaknya dengan Jae-in di Pyongyang pada September.

Dalam suratnya, Jong-un menuturkan bahwa dia menyesal kunjungannya ke Seoul tidak terjadi dan menyatakan tekad kuat untuk mewujudkannya di masa depan sambil memantau situasi, kata kantor Moon.

"Jong-un mengatakan, dia bersedia untuk sering bertemu dengan Jae-in tahun depan untuk memajukan diskusi mengenai perdamaian dan kemakmuran dan menyelesaikan masalah denuklirisasi semenanjung Korea," kata juru bicara Jae-in, Kim Eui-kyeom dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)