Ledakan di Pabrik Kimia China Tewaskan Tiga Orang

Rabu, 26 Desember 2018 - 13:55 WIB
Ledakan di Pabrik Kimia China Tewaskan Tiga Orang
Ledakan di Pabrik Kimia China Tewaskan Tiga Orang
A A A
BEIJING - Sebuah ledakan di sebuah pabrik kimia di wilayah otonomi Xinjiang barat laut China menewaskan tiga orang. Ledakan juga menyebabkan enam orang lainnya luka-luka.

"Ledakan itu terjadi ketika Xinjiang Xinzhi Energy Chemicals Co menguji kiln kapur putar pada Selasa sore," bunyi laporan situs berita resmi Tianshan yang dikutip Reuters, Rabu (26/12/2018).

Kecelakaan mematikan itu terjadi sekitar satu bulan setelah kebocoran gas di pabrik yang dimiliki oleh anak perusahaan ChemChina. Insiden itu menyebabkan ledakan yang menewaskan 23 orang di provinsi Hebei timur.

Pada bulan Juli lalu ledakan dahsyat di sebuah pabrik kimia di China barat daya telah menewaskan 19 orang dan melukai 12 lainnya.

Sementara pada 2015, sebuah ledakan di gudang kimia di kota pelabuhan utara Tianjin menewaskan 165 orang. Tahun lalu, ledakan di sebuah pabrik petrokimia di provinsi Shandong timur menewaskan delapan orang dan melukai sembilan orang.

Kemarahan publik di China atas standar keselamatan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir setelah tiga dekade pertumbuhan ekonomi yang cepat telah dirusak oleh kecelakaan mulai dari bencana pertambangan hingga kebakaran pabrik.

China telah berjanji untuk meningkatkan standar keselamatan industri, tetapi para pencinta lingkungan mengatakan mereka takut kelemahan pengawasan masih ada, termasuk proses produksi yang tidak jelas untuk bahan kimia berbahaya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5717 seconds (0.1#10.140)