Australia Siap Bantu Pemulihan Tsunami Selat Sunda

Selasa, 25 Desember 2018 - 11:06 WIB
Australia Siap Bantu Pemulihan Tsunami Selat Sunda
Australia Siap Bantu Pemulihan Tsunami Selat Sunda
A A A
CANBERRA - Australia siap membantu Indonesia dalam upaya pembersihan dan pemulihan pasca tsunami Selat Sunda. Hal itu diungkapkan oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

"Australia akan membantu tetangga kami jika diminta," kata Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia orang seperti dikutip dari The Australian, Selasa (25/12/2018).

Bencana tsunami yang menyapu wilayah Banten dan Lampung, dipicu oleh erupsi Gunung Anak Krakatu, menewaskan 373 orang. Selain itu, hingga saat ini tercatat 128 orang masih hilang, lebih dari 1.500 terluka dan setidaknya 11.000 orang mengungsi dari rumah mereka.

Oxfam Australia mengatakan sumbangan yang diberikan kepada International Crisis Fund akan digunakan untuk membantu orang-orang yang terkena dampak tsunami Sulawesi, termasuk mendukung pemerintah Indonesia untuk menyediakan air bersih dan fasilitas kebersihan.

"Ribuan orang ditempatkan di kamp sementara, dan mereka membutuhkan bantuan segera termasuk air minum bersih, makanan, dan persediaan sanitasi. Kita juga perlu memberi perhatian khusus pada kebutuhan keselamatan wanita dan anak-anak," Dino Argianto, pemimpin operasi kemanusiaan Oxfam memimpin Yogyakarta, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Dua tim kami sudah bekerja di lapangan dengan mitra untuk menilai kebutuhan dan mendapatkan bantuan di mana itu dibutuhkan dengan cepat."

Oxfam menyediakan air bersih, membangun toilet, dan mendistribusikan peralatan kebersihan yang mencakup selimut dan sabun.

Palang Merah Australia mengkonfirmasi bahwa mitranya dari Indonesia memiliki 300 staf dan 800 sukarelawan di lapangan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3833 seconds (0.1#10.140)