Retno: Anak Muda Penerus Tongkat Demokrasi

Rabu, 05 Desember 2018 - 23:14 WIB
Retno: Anak Muda Penerus Tongkat Demokrasi
Retno: Anak Muda Penerus Tongkat Demokrasi
A A A
DENPASAR - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa dialog dengan generasi muda harus terus dilakukan supaya mendapatkan masukan bagaimana pandangan mereka terhadap demokrasi dan kemakmuran.

"Anak muda akan menjadi future leader jadi estafet itu harus diserahkan kepada anak muda," kata Retno usai acara Bali Democracy Student Conference sebagai bagian dari perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) di Nusa Dua, Rabu (5/12/2018).

Dikatakan oleh Retno, Bali Democracy Student Conference adalah forum untuk anak muda dan mereka bicara mengenai masalah demokrasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 138 mahasiswa dari 57 negara.

"Dalam pembicaraan tadi ada beberapa hal yang muncul misalnya atau yang kita diskusikan antara lain adalah bagaimana anak anak muda ini meyakini bahwa demokrasi akan membawa kemakmuran," tutur Retno.

Dalam forum tersebut juga disinggung mengenai permasalahan yang dihadapi oleh demokrasi pada saat ini. Selain itu juga munculnya tren anti pluralisme, populisme, dan xenophobia.

"Kita tadi juga mendiskusikan bagaimana anak muda dapat berkontribusi terhadap demokrasi," ujar Retno.

"Di sinilah kita bicara mengenai masalah nilai sejak awal dalam artian bahwa sejak muda maka perlu ditanamkan nilai yang baik anatar lain mengenai masalah demokrasi, masalah toleransi, dan sebagainya karena demokrasi akan bisa berjalan baik kalau kita juga menghargai perbedaan karena namanya demokrasi masing-masing orang punya pendapat," jelasnya.

Wanita berkacamata itu pun menekankan bahwa sikap saling menghormati perbedaan menjadi sangat penting artinya bagi sebuah demokrasi untuk berjalan dengan baik, untuk membawa kebaikan guna menyejahterakan rakyat.

"Dan pada saat kita bicara mengenai masalah kesejahteraan maka bukan kesejahteraan dari segelintir orang tapi kesejahteraan buat semua," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7140 seconds (0.1#10.140)
pixels