Trump Mengaku Ingin Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata

Selasa, 04 Desember 2018 - 15:34 WIB
Trump Mengaku Ingin Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata
Trump Mengaku Ingin Bertemu Putin Bahas Perlombaan Senjata
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengaku ingin bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin di masa depan untuk membahas mengakhiri perlombaan senjata. Trump juga mengaku ingin bertemu Presiden China, Xi Jinping untuk membahas hal yang sama.

"Saya yakin bahwa, pada suatu saat di masa depan, Presiden Jinping dan saya, bersama dengan Presiden Putin dari Rusia, akan mulai berbicara tentang penghentian yang berarti terhadap apa yang telah menjadi perlombaan Senjata yang besar dan tak terkendali," kata Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (4/12).

Trump sendiri sejatinya sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Jinping di sela-sela pertemuan G20 di Buenos Aires, Argentina. Namun, dalam pertemuan keduanya hanya membahas mengenai penghentian perang dagang diantara kedua negara.

Dia juga sempat melakukan pertemuan singkat dengan Putin di pertemuan yang sama. Menurut Putin, dalam pertemuan itu hanya membahas mengenai situasi terkini di kawasan, khususnya mengenai insiden di perairan Crimea.

Sebelumnya, Trump mengeluhkan anggaran belanja pertahanan AS untuk tahun ini yang dia sebut "gila" karena mencapai USD 716 miliar atau lebih dari Rp10.217triliun. Anggaran belanja pertahanan AS USD 716 miliar merupakan kenaikan terbesar bagi militer Amerika dalam hampir satu dekade.

Pernyataan pemimpin Gedung Putih ini sendiri terbilang mengejutkan, karena pihaknya sendiri yang selama ini memperjuangan anggaran belanja pertahanan AS yang gila-gilaan. Pada Agustus lalu, Trump menandatangani rancangan undang-undang belanja pertahanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4777 seconds (0.1#10.140)