Iran Klaim Tangkap Puluhan Mata-mata

Rabu, 29 Agustus 2018 - 22:40 WIB
Iran Klaim Tangkap Puluhan Mata-mata
Iran Klaim Tangkap Puluhan Mata-mata
A A A
TEHERAN - Menteri Intelijen Iran mengatakan lusinan mata-mata telah ditangkap sebagai bagian dari tindakan keras terhadap spionase dan warga negara ganda. Ia juga menyinggung tentang agen mata-mata yang ditempatkan Iran dalam pemerintahan Israel.

Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi tidak memberikan rincian tentang puluhan mata-mata, atau selama periode apa mereka ditangkap dalam wawancara yang ditayangkan televisi pada Selasa malam.

Dia juga mengatakan Iran telah menanam agen di kabinet negara yang memiliki dinas intelijen yang sangat kuat.

Kantor berita Tasnim yang konservatif mengatakan pernyataan ini merujuk pada Gonen Segev, mantan menteri energi dan infrastruktur Israel yang dituduh memata-matai pengadilan Yerusalem bulan lalu.Baca Juga: Jadi Mata-mata Iran, Eks Menteri Israel Ingin Menjadi Pahlawan
"Secara finansial dan melalui cara lain, musuh-musuh kami berusaha mendapatkan informasi tentang negara kami," kata Alavi seperti dikutip dari AFP, Rabu (29/8/2018).

"Mereka bertindak dengan memata-matai dan infiltrasi. Untungnya bagian anti-spionase adalah salah satu bagian terkuat dari kementerian ini," imbunya.

Menteri mengatakan ada juga upaya bersama untuk membasmi warga negara ganda yang bekerja di posisi resmi.

"Jika Anda kenal seseorang, beri tahu kami tentang mereka," ujarnya.

Alavi juga berbicara tentang ancaman dari kelompok ekstremis Negara Islam (IS), yang melihat mayoritas Syiah Iran sebagai salah satu musuh utamanya di wilayah tersebut.

Dia mengatakan 230 sel teroris telah dicegat selama setahun terakhir.

"Kami menggagalkan plot di tempat-tempat seperti universitas dan metro tetapi kami menerbitkan sedikit informasi tentang ini," ungkap Alavi.

IS melakukan serangan multi-cabang di parlemen Iran dan kuil pemimpin revolusioner Ruhollah Khomeini pada Juni 2017 yang menewaskan 17 orang.

Alavi juga berbicara tentang tindakan keras oleh pihak berwenang terhadap korupsi dan mereka yang memanipulasi tingkat mata uang Iran yang kacau, yang telah menjadi fokus utama dari ketidakpuasan dalam beberapa bulan terakhir.

"Jika kita ingin memiliki ekonomi yang dinamis, kita harus memerangi korupsi ekonomi. Dalam kementerian intelijen, kami telah membuka 130 file dan lebih dari 180 tersangka telah ditangkap," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3879 seconds (0.1#10.140)