China: Tekanan Tak Akan Bantu Selesaikan Maslah Rohingya

Selasa, 28 Agustus 2018 - 17:52 WIB
China: Tekanan Tak Akan Bantu Selesaikan Maslah Rohingya
China: Tekanan Tak Akan Bantu Selesaikan Maslah Rohingya
A A A
BEIJING - China mengatakan bahwa memberikan tekanan tidak membantu dalam menyelesaikan masalah Muslim Rohingya di Myanmar. Pernyataan itu datang setelah Tim Pencari Fakta PBB tentang Myanmar (FFM) merilis laporan mengenai Myanmar.

Dalam laporannya, FFM menyebut bahwa militer Myanmar melakukan pembunuhan massal dan pemerkosaan terhadap para perempuan Muslim Rohingya. Penyelidik juga menunut agar Panglima Militer dan lima jenderal di negara itu diadili karena memiliki "niat genosida".

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, ketika ditanya tentang laporan itu, mengatakan bahwa latar belakang sejarah, agama dan etnis dari masalah Rakhine sangatlah rumit.

"Saya pikir bahwa kritik sepihak atau menggunakan tekanan sebenarnya tidak membantu untuk menyelesaikan masalah," kata Hua dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Selasa (28/8).

Hua mengatakan, Myanmar dan Bangladesh baru-baru ini membuat kemajuan positif dalam perundingan, dalam sebuah referensi nyata untuk kesepakatan untuk menyelesaikan repatriasi sukarela para pengungsi dalam waktu dua tahun.

"Dalam situasi ini, komunitas internasional harus terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan Myanmar dan Bangladesh secara tepat menyelesaikan masalah Negara Rakhine melalui dialog dan konsultasi," tukas Hua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5176 seconds (0.1#10.140)