Badai Lane Lumpuhkan Hawaii

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 12:04 WIB
Badai Lane Lumpuhkan Hawaii
Badai Lane Lumpuhkan Hawaii
A A A
HONOLULU - Badai Lane menghantam Hawaii yang membawa angin kencang dan hujan deras mengakibatkan banjir bandang, tanah longsor, dan ombak tinggi.

Badan Nasional Cuaca (NWS) mengatakan, badai yang masuk kategori 3 itu memiliki kecepatan 260 km per jam. “Banyak hujan karena atmosfer sangat lembab,” kata meteo rolog NWS Chevy Chevalier.

Persiapan matang dalam menghadapi Badai Lane, tidak ada korban luka dan meninggal dunia dalam tragedi tersebut. Pemerintah lokal juga menyarankan wisatawan untuk menjauhi lokasi yang menjadi pusat badai seperti Pulau Maui. Selama ini, Pulau Maui dikenal sebagai kolam suci tujuh yang memiliki air terjun yang indah.

“Banjir bandang akibat badai itu sangat mengancam jiwa,” kata Gubernur Hawaii David Ige, dilansir Reuters . “Ini merupakan situasi yang berbahaya. Saya menyarankan tidak perlu bepergian yang tidak diperlukan,” ungkap Ige.

Ige menyarankan penduduk Hawaii untuk menyiapkan suplai air, makanan, dan obat-obatan selama 14 hari. Dia juga meliburkan sekolah, universitas, dan kantor pemerintah yang tidak berkaitan dengan penanganan bencana di Oahu dan Kauai.

Pemerintah melakukan evakuasi warga di Pulau Molokai dan Maui. Kedua pulau tersebut tidak mendapatkan pasokan listrik. Pusat Bencana Nasional (NHC) memperingatkan badai bisa mengakibatkan ketinggian ombak mencapai 1,5 meter.

Badai menghantam Maui dan beberapa pulau lainnya kemarin. Otoritas lokal memperingatkan masih banyak pulau lainnya juga berisiko dihantam badai. Badai Lane kemarin sore bergerak ke wilayah barat laut dan mengakibatkan kecepatan angin mencapai 195 km per jam.

“Kita sudah memberi tahu semua orang untuk bersiap menghadapi badai dengan serius. Siapkan semuanya,” kata Andrew Pereira, direktur komunikasi Honolulu. Namun, banyak wisatawan memilih untuk menikmati momen ketika Badai Lane menerjang mereka. Itu menjadi pengalaman menarik dan bersejarah.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4973 seconds (0.1#10.140)