Turki: Pelaku Penembakan Kedubes AS Beraksi Dalam keadaan Mabuk

Rabu, 22 Agustus 2018 - 10:12 WIB
Turki: Pelaku Penembakan Kedubes AS Beraksi Dalam keadaan Mabuk
Turki: Pelaku Penembakan Kedubes AS Beraksi Dalam keadaan Mabuk
A A A
ANKARA - Sumber-sumber keamanan di Turki menuturkan, dua pelaku penembakan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Ankara melakukan aksinya dalam kondisi mabuk. Aksi penembakan itu terjadi pada awal pekan ini.

"Kedua tersangka, Ahmet Celikten dan Osman Gudas telah mengakui bahwa mereka menyerang kedutaan di bawah pengaruh alkohol," kata sumber keamanan Turki yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (22/8).

Kantor gubernur Ankara sebelumnya menyatakan bahwa kedua tersangka telah mengakui perbuatan. Polisi, lanjut kantor gubernur Ankara, telah menyita senjata 9 milimeter dan kendaraan dengan pelat nomor Ankara.

"Celikten telah melarikan diri dari penjara dan Gundas memiliki beberapa catatan kejahatan, termasuk pencurian mobil, obat-obatan dan melakukan pengancaman," kata kantor gubernur Ankara.

Kedutaan Besar AS mengucapkan terima kasih kepada otoritas Turki. Dalam tweetnya mereka menghargai tindakan cepat dan profesional otoritas Turki dalam menangkap kedua tersangka.

Seorang pejabat penting di Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa di Turki mengatakan serangan itu adalah "provokasi yang jelas" dan bahwa para diplomat asing adalah tamu di negara itu. Kantor diplomatik AS sebelumnya telah menjadi target serangan di masa lalu di Turki.

Setidaknya satu tersangka terluka dalam penembakan di luar konsulat AS di Istanbul pada tahun 2015. Pada tahun 2013, seorang pembom bunuh diri membunuh seorang penjaga Turki dan dirinya sendiri di luar kedutaan AS di Ankara. Pada tahun 2008, tiga penyerang dan tiga petugas polisi Turki tewas dalam tembak menembak di luar konsulat Istanbul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)