Cendekiawan Afghanistan Serukan Gencatan Senjata Saat Idul Adha

Minggu, 19 Agustus 2018 - 18:36 WIB
Cendekiawan  Afghanistan Serukan Gencatan Senjata Saat Idul Adha
Cendekiawan Afghanistan Serukan Gencatan Senjata Saat Idul Adha
A A A
KABUL - Sekelompok cendekiawan agama Afganistan mendesak pemerintah dan Taliban untuk mengumumkan gencatan senjata selama Idul Adha. Desakan ini datang setelah adanya serangkaian serangan mematikan baru-baru ini yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Badan negosiasi perdamaian pemerintah, Dewan Tinggi untuk Perdamaian, sekarang bergandengan tangan dengan para ulama di negara tersebut untuk mendorong pihak yang bertikai untuk gencatan senjata.

Ketua Dewan Tinggi untuk Perdamaian, Mohammad Karim Khalili, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (19/8), mengatakan dia berharap kedua belah pihak akan mengumumkan gencatan senjata untuk periode yang lebih lama.

Sementara itu, Wakil Dewan Tinggi untuk Perdamaian, Haji Deen Mohammad mengatakan bahwa pemerintah tetap cenderung pada gagasan gencatan senjata, namun durasi untuk gencatan senjata belum selesai dibahas.

Secara terpisah, dalam pesan Idul Adhanya, pemimpin Taliban, Mullah Hibatullah Ahundzada meminta Amerika Serikat (AS) untuk memasuki pembicaraan yang transparan dan berorientasi hasil untuk perdamaian dengan kelompok bersenjata itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5032 seconds (0.1#10.140)