Pesawat Bawa Bahan Nuklir, Bandara Budapest Ditutup

Kamis, 16 Agustus 2018 - 06:53 WIB
Pesawat Bawa Bahan Nuklir, Bandara Budapest Ditutup
Pesawat Bawa Bahan Nuklir, Bandara Budapest Ditutup
A A A
BUDAPEST - Sebuah terminal di Bandara Budapest, Honggaria, ditutup sebentar pada Rabu karena kontainer pesawat kedapatan membawa isotop, sebuah unsur atom berbahaya. Hal itu dikatakan juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Hunggaria.

"Bahan yang merusak kesehatan tidak (diizinkan) masuk ke lingkungan (Hunggaria)," kata Marton Hajdu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/8/2018).

Terminal 2B Bandara Budapest ditutup untuk memfasilitasi penyelidikan yang dilakukan secara cepat. Menurut informasi dari Otoritas Manajemen Bencana penumpang dan awak pesawat yang membawa kontainer dan penumpang di bandara tidak dalam bahaya.

"Penumpang sangat aman," kata Hadju.

Juru bicara Bandara Budapest Laszlo Kurucz mengatakan terminal ditutup antara jam 7.30 malam waktu setempat dan sekitar jam 10.30 malam dan delapan penerbangan yang masuk dan delapan penerbangan yang keluar terkena dampak.

Para pejabat tidak menyebutkan nama penerbangan atau isotop tersebut.

Seorang fotografer Reuters di bandara melihat para petugas pemadam kebakaran memasuki sebuah pesawat Turkish Airlines yang diparkir di landasan.

Baik pihak bandara maupun otoritas pengendali bencana menegaskan bahwa penerbangan yang terkena dampak dioperasikan oleh Turkish Airlines. Kantor maskapai penerbangan Turkish Airlines tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4985 seconds (0.1#10.140)