Israel Larang Bahan Bakar dan Gas Masuk ke Gaza

Kamis, 02 Agustus 2018 - 22:52 WIB
Israel Larang Bahan Bakar dan Gas Masuk ke Gaza
Israel Larang Bahan Bakar dan Gas Masuk ke Gaza
A A A
GAZA - Israel menghentikan masuknya bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza yang diblokade. Demikian laporan media Israel dan pejabat Palestina.

Dalam pernyataan yang dirilis Rabu malam, Otoritas Palestina mengatakan Israel berencana menghentikan masuknya bahan bakar dan gas ke Gaza - melalui penyeberangan komersial Kerem Shalom - mulai Kamis (2/8/2018).

Sementara menurut harian Israel Yedioth Ahronoth, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengambil keputusan melakukan aksi nyata untuk membalas serangan balon api yang dilakukan oleh aktivis Palestina di Gaza, seperti dikutip dari Anadolu.

Dalam beberapa pekan terakhir, para aktivis telah menerbangkan layang-layang dan balon api di atas wilayah Israel sebagai bagian dari aksi demonstrasi yang berlangsung di sepanjang zona penyangga Gaza-Israel.

Menurut para pejabat Israel, senjata udara hasil improvisasi itu telah menyebabkan sejumlah kebakaran di dalam Israel. Hal itu menyebabkan kerusakan material yang signifikan tetapi tidak mengakibatkan kematian atau cedera.

Sejak demonstrasi Gaza dimulai pada 30 Maret, 155 demonstran Palestina telah tewas - dan ribuan lainnya terluka - oleh tembakan tentara Israel.

Para pengunjuk rasa menuntut "hak untuk kembali" ke rumah dan desa mereka di Palestina yang bersejarah dari mana mereka diusir pada tahun 1948 untuk memberi jalan bagi negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 11 tahun Israel di Jalur Gaza, yang telah memusnahkan ekonomi daerah kantong itu dan mencabut komoditas pokok dari sekitar dua juta penduduknya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4332 seconds (0.1#10.140)