Latihan Perang di Laut Kaspia, Rusia Tembakkan Rudal Supersonik

Kamis, 02 Agustus 2018 - 17:07 WIB
Latihan Perang di Laut Kaspia, Rusia Tembakkan Rudal Supersonik
Latihan Perang di Laut Kaspia, Rusia Tembakkan Rudal Supersonik
A A A
MOSKOW - Militer Rusia menembakkan rudal supersonik Kh-31 dari pesawat jet tempur Su-34 dalam latihan perang di Laut Kaspia, hari Rabu waktu setempat. Latihan tempur ini melibatkan sepuluh kapal Angkatan Laut dari Armada Kaspia dan sekitar 50 pesawat.

Misil anti-kapal supersonik yang ditembakkan dapat mencapai kecepatan 2.685 mph, sehingga sangat sulit bagi kapal militer musuh untuk mempertahankan diri. Dalam latihan, rudal supersonik Kh-31 menghancurkan kapal musuh tiruan dalam waktu sekitar 20 detik.

Pejabat Distrik Militer Selatan (SMD) Rusia, Vadim Astafiev, mengatakan bahwa Angkatan Laut Rusia menggunakan kapal yang dinonaktifkan dari Caspian Flotilla untuk latihan.

SMD adalah salah satu dari lima distrik militer Angkatan Bersenjata Rusia, dengan yurisdiksi utamanya di wilayah Kaukasus Utara dan pangkalan di negara-negara pecahan Soviet di Kaukasus Selatan.

Pada bulan Juli lalu, Rusia telah menguji rudal jarak jauh canggih yang sudah siap digunakan pada awal musim panas ini.

"Uji coba dari rudal jarak jauh 40N6E untuk sistem S-400 telah diselesaikan di kisaran Kapustin Yar," tulis kantor berita negara Rusia, TASS, mengutip sebuah sumber di industri pertahanan.

"Komisi antardepartemen telah mengakuinya sebagai tes sukses dan sertifikat telah ditandatangani," lanjut laporan tersebut, yang dilansir Kamis (2/8/2018).

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, misil 40N6E mampu mencapai target dengan jangkauan maksimum hampir 250 mil, pada ketinggian hingga 115 mil.

Misil 40N6E mulai masuk pra-produksi pada akhir 2013. Dua tahun kemudian, Departemen Pertahanan mengumumkan bahwa rudal baru dari jenis itu telah berhasil mencapai target udara untuk pertama kalinya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)