Pompeo: Rusia Rusak Citra Diri dengan Aneksasi Krimea

Kamis, 26 Juli 2018 - 18:31 WIB
Pompeo: Rusia Rusak Citra Diri dengan Aneksasi Krimea
Pompeo: Rusia Rusak Citra Diri dengan Aneksasi Krimea
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, AS tidak akan pernah mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia. Dia menuturkan, dalam mencaplok semenanjung itu, Rusia bertindak dengan cara yang tidak layak sebagai bangsa besar dan telah memilih untuk mengisolasi diri dari komunitas internasional.

"Rusia, melalui invasi 2014 terhadap Ukraina dan upaya pencaplokan Crimea, berusaha melemahkan landasan prinsip internasional yang dimiliki oleh negara-negara demokratis, bahwa tidak ada negara yang dapat mengubah perbatasan negara lain secara paksa," kata Pompeo, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (26/7).

"Dalam kekhawatiran bersama dengan sekutu, mitra, dan masyarakat internasional, AS menolak upaya pencaplokan Rusia untuk Krimea dan berjanji untuk mempertahankan kebijakan ini sampai integritas teritorial Ukraina dipulihkan," sambungnya.

Pria berusia 54 tahun itu kemudian menyatakan bahwa AS menyerukan Rusia untuk menghormati prinsip-prinsip, yang telah lama diakui untuk dipatuhi dan mengakhiri pendudukannya atas Krimea.

Pompeo lalu mengatakan, dia berkomitmen untuk bekerja dengan Kongres AS tentang sanksi baru terhadap Rusia dan bahwa tidak akan ada pengurangan sanksi sampai Rusia mengembalikan kendali semenanjung ke Ukraina. Namun, dia juga menyebut, pemerintahan Trump ingin memulihkan hubungan dengan Rusia, sebagai sesama kekuatan nuklir dunia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)