Malaysia Sambut Ulang Tahun Mahathir

Rabu, 11 Juli 2018 - 10:52 WIB
Malaysia Sambut Ulang Tahun Mahathir
Malaysia Sambut Ulang Tahun Mahathir
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menyambut ulang tahun ke-93 kemarin dengan mendapat berbagai ucapan selamat dari seluruh rakyat.

Kondisi kesehatannya yang masih prima dan pikirannya yang tetap tajam pun dipuji banyak pihak. Banyak orang pun ingin mengetahui cara Mahathir menjaga kesehatan tubuh dan pikirannya.

Saat beberapa waktu lalu mengunjungi Tokyo, Mahathir menjelaskan berbagai tip agar tetap aktif di usia lanjut. Menurut dia, yang harus dilakukan adalah menjaga gaya hidup sehat. Dia menyoroti pentingnya menjaga tubuh tetap aktif meski di usia pensiun.

Dia pun tak membiarkan dirinya beristirahat terlalu banyak dan selalu tetap sibuk. “Saya akan memilih istirahat, tentu saja, tapi saya suka meyarankan orang tidak istirahat saat mereka semakin tua. Jika Anda hanya tiduran sepanjang waktu, otot-otot bahkan tidak dapat membawa bobot tubuhmu, anda tidak dapat berdiri, Anda tidak dapat berjalan,” ungkap tokoh yang lahir pada 10 Juli 1925 itu, dikutip The Star.

Dia selalu menjaga otak tetap aktif. Mahathir menjelaskan, selalu gunakan otot karena akan melemah jika tidak digunakan, ini juga berlaku untuk otak. “Jika Anda tidak menggunakan otak Anda, Anda tidak berpikir, Anda tidak dapat menyelesaikan masalah, Anda tidak membaca, Anda tidak menulis, otak mengalami kemunduran dan Anda menjadi pikun. Jadi selalu aktif,” ujar dia.

Mahathir juga sangat yakin dengan latihan mental. “Membaca dan menulis. Latih otak Anda,” kata dia.

Selanjutnya, Mahathir menyarankan untuk tidak makan berlebihan. Dia menekankan pentingnya tidak makan berlebihan. Mendiang ibu Mahathir selalu menasehatinya agar berhenti makan bahkan saat makanan itu nikmat.

“Orang selalu bertanya pada saya bagaimana saya dapat tetap aktif selama ini, ini tergantung pada hal-hal simpel, tidak makan berlebihan, tidak makan terlalu banyak,” kata Mahathir.

Menurut dia, pola makan seperti itu sangat sulit dilakukannya. “Ini perjuangan besar untuk saya tapi saya mencoba tidak makan terlalu banyak. Saya tidak merokok dan saya tidak minum (alkohol),” ujar dia.

Mahathir juga selalu mengatakan pada dirinya sendiri agar usia tidak membuatnya semakin lamban. “Saya saya ditanya tentang kesehatan saya, itu semua. Saya tidak merokok, saya tidak minum (alkohol). Saya mengambil diet moderat, tidak peduli bagaimana nikmat makanan itu,” ungkap Mahathir pada Malaysia Kini.

Dia menjelaskan nasehat emas ibunya yang sering dikatakan padanya. “Ibu saya selalu mengatakan pada saya bahwa saat makanan terasa enak, itu saatnya Anda harus berhenti makan,” ujar dia.

Bloomberg juga baru-baru ini mengungkap kebiasaan Mahathir untuk menjaga kesehatannya. Menurut Mahathir, dia bangun setiap hari pukul 6.30 waktu Malaysia, kemudian berjalan kaki, angkat besi, bersepeda dan menunggang kuda.

Mahathir menjadi PM untuk kedua kali. Dia saat ini merupakan ketua koalisi Pakatan Harapan dan anggota Parlemen Malaysia untuk konstituen Langkawi, Kedah. Dia sebelumnya menjadi PM dari 1981 hingga 2003, menjadikannya sebagai pemimpin pemerintahan tertua.

Karir politik Mahathir telah terbentang lebih dari 70 tahun sejak dia pertama kali bergabung UMNO pada 1946. Dia kemudian keluar dari UMNO karena tidak cocok dengan Najib Razak saat itu. Mahathir pun mendirikan Parti Pribumi Bersatu Malaysia pada 2016.

Lahir dan besar di Alor Setar, Kedah, Mahathir sangat berprestasi di sekolah dan menjadi seorang dokter medis. Dia aktif di UMNO sebelum masuk Parlemen pada 1964. Dia menjabat satu periode sebelum kehilangan kursi dan dikeluarkan dari UMNO. Mahathir kemudian masuk lagi ke UMNO dan Parlemen dan dipromosikan masuk Kabinet. Pada 1976 dia menjadi Deputi PM dan pada 1981 dilantik sebagai PM setelah pengunduran diri Hussein Onn.

Selama masa jabatannya sebagai PM pertama kali, Malaysia mengalami masa modernisasi dan pertumbuhan ekonomi cepat. Pemerintahannya juga mengawali serangkaian proyek infrastruktur skala besar.

Kini, dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang masih prima, Mahathir bersama Pakatan Harapan mengalahkan Barisan Nasional dalam pemilu lalu. Mahathir pun berupaya membersihkan pemerintahan Malaysia dari korupsi dengan mengusut berbagai skandal yang melibatkan mantan PM Malaysia Najib Razak. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3360 seconds (0.1#10.140)