RI Lawatan Pertama Mahathir

Jum'at, 29 Juni 2018 - 12:37 WIB
RI Lawatan Pertama Mahathir
RI Lawatan Pertama Mahathir
A A A
KUALA LUMPUR - Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad sejak dia dilantik pada 10 Mei lalu. Mahathir tiba di Jakarta kemarin disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Di balik kunjungan ini Mahathir menunjukkan pentingnya posisi Indonesia bagi pemerintahan baru Malaysia. Mahathir berkunjung ke Indonesia bersama istrinya, Siti Hasmah Mohd Ali, dan para peja bat dari Kantor Perdana Menteri (PM) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu). ”Selama kunjungan, Perdana Menteri akan berte mu Yang Mulia Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, dan akan diikuti makan siang yang diselenggarakan presiden,” ungkap pernyataan Kemlu Malaysia. PM Mahathir juga dijadwalkan bertemu komunitas warga Malaysia di Jakarta.

”Kunjungan ini akan memberikan landasan bagi kedua pemimpin untuk lebih memperkuat hu bu ngan bilateral dan kerja sama kedua negara. Ini juga akan me mungkinkan Malaysia mendorong kebijakan ter baru pemerintah dan ter uta ma pada isu yang saling meng untungkan,” papar penjelasan Kemlu Malaysia. Mahathir dan Presiden RI Joko Widodo juga akan saling bertukar pandangan tentang masalah regional dan global yang menjadi kepentingan bersama kedua negara. Indonesia merupakan salah satu mitra terdekat dan tetangga penting bagi Malaysia. Kedua negara memiliki hubungan perdagangan yang kuat.

Pada 2017, total nilai perdagang an bilate ral tercatat sebesar 72,63 mi liar ringgit Malaysia atau me ningkat 22% dibandingkan 2016. Besarnya total per da gangan itu membuat Malaysia sebagai mitra dagang terbesar ke-7 secara global dan mitra da - gang terbesar ketiga di antara negara-negara anggota Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) setelah Singa pura dan Thailand. Lawatan Mahathir ke Indonesia ini dilakukan saat pemerintahannya menyelidiki berbagai kasus korupsi yang me li lit mantan PM Malaysia Najib Razak. Yang terbaru, Ke po li sian Ma laysia mengumumkan total aset yang disita dari pro perti keluarga Najib mencapai hampir USD275 juta (Rp3,9 triliun).

Aset yang disita itu berupa perhiasan, tastangan, arloji, dan barang-barang lain serta uang tunai terkait Najib. Kepolisian akan segera menginterogasi Najib dan istrinya terkait harta si taan tersebut. Otoritas menye lidiki Najib sebagai bagian dari investigasi skandal korupsi di lembaga ne ga ra 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang di dirikan Najib.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3701 seconds (0.1#10.140)