Gudang Surat Suara Irak Terbakar Jelang Penghitungan Ulang

Senin, 11 Juni 2018 - 00:08 WIB
Gudang Surat Suara Irak Terbakar Jelang Penghitungan Ulang
Gudang Surat Suara Irak Terbakar Jelang Penghitungan Ulang
A A A
BAGHDAD - Gudang surat suara terbesar Irak terbakar pada Minggu (10/6/2018) sebelum penghitungan ulang seperti diperintahkan oleh parlemen. Demikian yang dikatakan para pejabat keamanan.

Gudang, yang menyimpan surat suara dari Al-Russafa, salah satu distrik pemungutan suara terbesar di Baghdad timur, dilaporkan terbakar selama dua ketika petugas pemadam yang didukung oleh 10 truk bekerja untuk mengendalikan kobaran api, yang dikutip VOA dari AFP, Senin (11/6/2018).

Badan legislatif Irak memerintahkan untuk melakukan penghitungan ulang dalam pemilihan parlemen pada 12 Mei lalu. Parlemen juga menunda panel yang ditugasi untuk mengawasi pemilu di tengah tuduhan kecurangan pemilu.

Parlemen memerintahkan penghitungan ulang di semua tempat pemungutan suara, di mana hampir 11 juta suara diberikan.

Irak telah terperosok dalam kebingungan sejak kemenangan mengejutkan bagi ulama Syiah yang populis, Moqtada al-Sadr, yang selaras dengan komunis.

Sejak kemenangan Sadr, tokoh politik lama yang tersingkir oleh pemilih Irak yang berpikiran reformis telah menyerukan penghitungan ulang.

Badan intelijen mengatakan, tes mesin pemungutan suara elektronik, yang digunakan untuk pertama kalinya di Irak, menghasilkan hasil yang tidak konsisten, memicu klaim kecurangan pemilu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)