Tingkatkan Perlindungan WNI, Konjen Chicago Temui ICE Detroit

Jum'at, 11 Mei 2018 - 00:46 WIB
Tingkatkan Perlindungan WNI, Konjen Chicago Temui ICE Detroit
Tingkatkan Perlindungan WNI, Konjen Chicago Temui ICE Detroit
A A A
CHICAGO - Konsul Jenderal (Konjen) RI di Chicago, Rosmalawati Chalid melaksanakan pertemuan dengan Field Office Director of Immigration and Customs Enforcement (ICE) Detroit, Rebecca Adducci, pada Selasa (8/5/2018). Pertemuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama dalam perlindungan WNI, khususnya menghadapi kebijakan imigrasi dan perbatasan AS.

“Melalui pertemuan ini, KJRI Chicago berupaya menciptakan kerja sama yang lebih baik dengan pihak imigrasi AS. Sehingga, apabila terdapat WNI yang bermasalah, kami bisa memastikan WNI tersebut akan mendapat perlakuan yang baik dan terpenuhi hak-haknya,” ujar Konjen Rosmalawati dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (11/5/2018).

Untuk diketahui, setiap imigran yang ditangkap ataupun ditahan di AS berhak untuk melakukan kontak dengan perwakilan negaranya dan keluarga. Mereka juga berhak mendapat pendampingan pengacara dan penerjemah selama proses persidangan berlangsung.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, pihak ICE Detroit menyatakan bahwa jumlah WNI bermasalah yang ditangkap, ditahan dan dideportasi oleh ICE Detroit selama lima tahun hampir tidak ada. ICE Detroit memuji bahwa hal itu merupakan keberhasilan KJRI Chicago yang senantiasa mengajak WNI untuk menghormati peraturan yang berlaku di AS dan memastikan kelengkapan dokumen keimigrasian.

ICE adalah agen penegakan hukum federal AS yang bertanggung jawab untuk proses identifikasi, investigasi dan pemecahan kasus yang berkaitan dengan permasalahan keimigrasian dan keamanan perbatasan AS. ICE Detroit sendiri bertanggung jawab untuk wilayah negara bagian Michigan dan Ohio.

“KJRI Chicago siap 24 jam 7 hari membantu WNI di Midwest AS yang tertimpa permasalahan hukum maupun musibah seperti kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya,” tegas Konjen Rosmalawati.

Saat ini terdapat setidaknya 11.000 WNI yang tinggal di wilayah Midwest AS, dengan konsentrasi di negara bagian Illinois, Wisconsin, Michigan, Ohio dan Indiana. Umumnya, mereka adalah pelajar dan permanent resident.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6610 seconds (0.1#10.140)