India Mengaku Tidak Tertarik Beli Jet Tempur F-35 AS

Jum'at, 27 April 2018 - 21:41 WIB
India Mengaku Tidak Tertarik Beli Jet Tempur F-35 AS
India Mengaku Tidak Tertarik Beli Jet Tempur F-35 AS
A A A
NEW DELHI - Angkatan Udara India (IAF) kembali membantah laporan bahwa mereka tertarik untuk membeli jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin. Kepala IAF, Marksel B. S. Dhanoa menyebut, laporan semacam ini telah mengotori pemberitaan di India.

Dhanoa menuturkan, sampai saat ini tidak ada pembicaraan, baik dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) atau dengan Lockheed Martin mengenai pembelian F-35. Alasannya sederhana, yakni India tidak tertarik dengan jet tempur tersebut.

"Tidak ada pembicaraan tentang F-35. IAF tidak menunjukkan minat dan tidak berbicara dengan siapa pun. Tidak benar untuk melaporkan bahwa kami tertarik pada F-35," kata Dhanoa dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (27/4).

Sementara itu, ketika ditanya tentang prospek proyek jet tempur generasi kelima Indo-Rusia (FGFA), yang tertunda lebih dari satu dekade, Dhanoa mengatakan bahwa keputusan itu ada di tangan pemerintah India.

"Keputusan FGFA berada di tangan pemerintah dan itu adalah informasi yang masuk dalam kategori rahasia negara," ungkapnya.
Pekan lalu, Indian Daily Business Standard melaporkan bahwa Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Doval dan Menteri Pertahanan Sanjay Mitra pada bulan Februari tahun ini telah meminta Rusia untuk melanjutkan sendiri dengan mengembangkan FGFA.

"India mungkin akan bergabung dengan proyek itu nanti, atau membeli pejuang yang sepenuhnya maju, setelah mereka bergabung dengan Angkatan Udara Rusia," tulis laporan Indian Daily Business Standard.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2987 seconds (0.1#10.140)