Warga Arab Israel Gelar Aksi Protes Hari Jadi Negara Zionis

Jum'at, 20 April 2018 - 11:37 WIB
Warga Arab Israel Gelar...
Warga Arab Israel Gelar Aksi Protes Hari Jadi Negara Zionis
A A A
TEL AVIV - Ribuan warga Arab Saudi berkumpul di dekat kota utara Haifa dalam aksi protes ulang tahun ke-70 negara Israel. Berdirinya Israel dipandang oleh warga Palestina sebagai malapetaka atau Nakba dalam bahas Arab.

Di bawah slogan "Hari Kemerdekaan Anda adalah hari Nakba kami," mereka berkumpul di kota Atlit, sekitar 12 kilometer sebelah selatan Haifa.

Palestina mengatakan bahwa 174 penduduk sebuah desa Arab di lokasi itu dipaksa keluar oleh Israel dalam perang yang menyertai berdirinya negara Zionis pada 1948, dan hanya menyisakan kuburan Islam.

Kota Israel dengan nama yang sama sekarang berdiri di sana.

Demonstran membawa bendera Palestina dan menyerukan hak para pengungsi untuk kembali ke rumah-rumah yang ditinggalkan keluarga mereka atau diusir pada tahun 1948. Para demonstran mengatakan mereka tidak akan menyerah menyuarakan "hak pulang" para pengungsi.

PBB mendukung hak itu dalam resolusi 1948, tetapi tidak pernah dilaksanakan.

"Saya orang Arab dan saya ingin melestarikan budaya dan identitas saya tanpa menghiraukan nama negara itu," kata Wassal Kanana (21) seperti dikutip dari AFP, Jumat (20/4/2018).

Israel mengatakan masuknya jutaan pengungsi Palestina dan keturunan mereka ke tanah air bersejarah mereka akan menghancurkan konsep negara Yahudi, yang didirikan pada 14 Mei.

Pada hari Kamis, Israel merayakan ulang tahun pendirian Israel sesuai dengan kalender Ibrani. Pesawat-pesawat tempur Israel melakukan pertunjukan udara di atas Haifa dan kota-kota besar lainnya.

Arab Israel adalah keturunan orang Palestina yang tetap di tanah mereka setelah penciptaan Israel.

Hari ini populasi mereka mencakup sekitar 17,5 persen penduduk Israel dan mengeluhkan sikap diskriminasi, terutama di bidang pekerjaan dan perumahan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)